Banyak keutamaan yang dapat diraih saat membaca Al-Quran terutama di Bulan Ramadhan.
Sumber :
  • unsplash.com

Sayang Dilewatkan, 5 Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan

Rabu, 6 April 2022 - 15:07 WIB

Marhaban ya Ramadhan. Ramadhan adalah bulan suci, bulan yang paling mulia dan istimewa bagi umat Islam. Saat Ramadhan tiba maka siapapun yang mengaku muslim dan memenuhi syarat maka wajib melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

Di bulan ini juga umat muslim berlomba - lomba menjauhi larangan dan menjalankan perintah Allah SWT. Berbagai amalan ibadah dan kebaikan dilakukan demi meraih keistimewaan dan ampunan Allah.

Berbeda dengan bulan - bulan lainnya, Ramadhan memiliki nilai khusus bagi umat muslim karena sekecil apapun kebaikan dan ibadah yang dilakukan maka akan diganjar berlipat ganda. Salah satu amalan yang biasa dilakukan untuk meraup pahala sebanyak - banyaknya di bulan ini adalah membaca Al - Quran atau tadarus.

Seperti yang umat muslim ketahui bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan ketika Al - Quran diturunkan. Sehingga wajar belaka jika umat muslim memberi membaca dan mempelajari lebih banyak ayat - ayat Al - Quran dan maknanya.

Selain itu menurut hadits yang diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir, Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al - Quran." (HR Baihaqi).

Artinya tadarus Al - Quran merupakan salah satu amal ibadah yang paling utama di antara bentuk ibadah lainnya. Membaca Al - Quran dapat dilakukan di sela - sela aktivitas sehari - hari atau pada waktu - waktu luang sebelum dan sesudah salat fardhu.

Kata tadarus sendiri berasal dari kata darasa (دَرَسَ) yang memiliki arti belajar. Kemudian disisipi huruf ta (ت) pada awal kata yang mengubah arti menjadi mempelajari bersama.

Berdasarkan akar katanya, tadarus sebenarnya melibatkan dua orang atau lebih. Artinya sebagian menyimak dan yang lain membaca dengan tujuan mempelajari atau menjaga hafalan dengan mengulang bacaan Al - Quran.

Dalam hadist, Nabi Muhammad SAW dikisahkan melakukan aktivitas tadarus Al - Quran ini bersama malaikat Jibril.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:56
08:45
07:17
01:11
05:51
01:35
Viral