Ilustrasi - Keistimewaan hari Jumat..
Sumber :
  • Pixabay

Ini Keistimewaan Hari Jumat, Salah Satunya Nabi Adam Diciptakan

Jumat, 24 Juni 2022 - 18:17 WIB

Hari Jumat merupakan hari yang istimewa. Banyak pahala yang akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Bagi umat Islam, hari Jumat merupakan waktunya berlomba-lomba melakukan kebaikan entah berupa bersedekah atau membantu sesama.

Namun selain itu, ada beberapa hal yang membuat hari Jumat menjadi sangat istimewa bagi umat Musli. Berikut adalah beberapa keistimewaan hari Jumat yang berhasil dirangkum.

1. Nabi Adam diciptakan

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh HR. Muslim, Rasulullah pernah bersabda: "Hari terbaik dimana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam As diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari jumat".

Nabi Adam adalah manusia pertama yang menghuni bumi. Adam tercipta dari tanah dan Allah SWT memuliakannya dengan memberi pengetahuan tentang semesta. Pengetahuan itulah yang akan menjadi mukjizat dari Nabi Adam.

Walaupun memiliki tinggi tubuh yang berbeda dengan manusia saat ini, namun Nabi Adam merupakan manusia yang sempurna. Tinggi badan yang dimiliki oleh Nabi Adam mencapai 60 hasta atau sekitar 18 meter. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan manusia modern. Para nabi setelah Adam juga dipercaya memiliki tinggi tubuh yang kurang lebih sama. Maka dengan itu kenapa kabah dibangun sangat tinggi serta memiliki pintu masuk yang besar.

Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Adam telah diterangkan dalam Al-Quran: "Dan dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda) seluruhnya" (QS Al Baqarah: 31). Penciptaan Nabi Adam memiliki nilai-nilai kehidupan yang sangat berharga. Terutama nilai ketaatan kepada Allah SWT.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral