ilustrasi.
Sumber :
  • iStock Photo

Tanda-tanda Wafat Husnul Khatimah yang Disebutkan Rasulullah SAW

Jumat, 19 Agustus 2022 - 06:45 WIB

tvOnenews - Husnul khatimah memiliki arti akhir yang baik atau yang secara umum kita ketahui sebagai sebuah keadaan wafat dalam kondisi yang baik dan diridhai oleh Allah SWT.

Tentu setiap muslim dikala maut menjelang, pasti mengharapkan dapat meninggal dalam keadaan husnul khatimah. Lalu, seperti apa tanda seseorang wafat dengan husnul khatimah?

Rasulullah SAW dalam beberapa hadis menyebutkan ciri-ciri khusus wafatnya orang beriman. Seperti yang dirangkum dari laman VIVA, berikut 8 tanda seseorang wafat dalam keadaan husnul khatimah

1. Mampu mengucapkan kalimat syahadat


img: Pixabay

Mengucapkan kalimat syahadat sebelum wafat diyakini sebagai orang yang wafat dengan husnul khatimah. Dari Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW bersabda,

"Siapa yang bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah dan tidak ada sekutu bagi-Nya, juga bersaksi bahwasanya Muhammad adalah utusan-Nya, dan bahwasanya Isa adalah hamba Allah dan anak dari budak wanita-Nya serta kalimat-Nya yang ia sampaikan kepada Maryam dan ruh dari-Nya. Bersaksi bahwa surga dan neraka benar adanya. Allah akan memasukkan ke dalam surga lewat pintu surga yang delapan sekehendaknya." (Hadits Riwayat Bukhari).

2. Mati syahid 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral