ilustrasi sholat.
Sumber :
  • Freepik/letart

Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud serta Doa Setelahnya

Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:34 WIB

tvOnenews, Religi - sholat tahajud secara bahasa, bermakna berupaya melawan atau meninggalkan tidur.  Sedangkan menurut istilah, sholat Tahajud merupakan sholat sunnah muakkad yang waktu pelaksanaannya pada sepertiga malam setelah bangun dari tidur.

Dalam istilah fiqih, sholat tahajud adalah sholat sunnah malam hari yang dilakukan setelah tidur.  Hukum sunah dari sholat tahajud itu berdasarkan ijma' ulama. Namun, kesunahannya bersifat muakkad atau sangat kuat karena selalu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW

Allah berfirman dalam surat al-Isra,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: "Dan dari sebagian malam sholat tahajudlah kamu (Muhammad SAW) dengan membaca Al-Qur’an (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu pada tempat yang terpuji," (QS. al-Isra: 79).

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dan ia marfu’kan kepada Nabi Muhammad SAW, ia berkata:

“Nabi SAW ditanya sholat apa yang paling utama setelah sholat Maktubah dan puasa apa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadhan?” Lalu Beliau menjawab: “sholat paling utama setelah sholat Maktubah adalah sholat di tengah malam dan puasa paling utama setelah puasa bulan Ramadhan adalah puasa bulan Allah, Muharram,” (HR Muslim).

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral