ilustrasi membaca quran.
Sumber :
  • Freepik/meen_na

Dahsyatnya Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas Tujuh Kali Setelah Sholat Jumat

Jumat, 14 Oktober 2022 - 07:30 WIB

tvOnenews.com, Religi - Hari Jumat merupakan salah satu hari yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bahkan dalam salah satu hadist, Rasulullah menyebut hari Jumat sebagai hari raya umat Islam.

"Ini (hari Jumat) adalah hari yang dijadikan Allah sebagai hari raya bagi kaum Muslimin" (HR Ibnu Majah dan ath-Thabrani).

Selain itu, hari Jumat juga merupakan sayyidul ayyam atau penghulu hari. Dimana kaum muslimin, khususnya laki-laki, diwajibkan berkumpul bersama di masjid untuk menjalankan ibadah shalat Jumat. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Jumuah,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al Jumuah: 9).

Karena itu hari Jumat merupakan salah satu hari raya umat Islam. Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah sebuah hadits:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat.”

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral