ilustrasi sholat.
Sumber :
  • iStockPhoto/ozgurdonmaz

Sholat Tahajud Merupakan Ibadahnya Orang-orang Sholeh, Berikut Niat dan Tata Cara Pelaksanaannya

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 16:32 WIB

tvOnenews.com, Religi - Sholat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang memiliki keutamaan dan manfaat yang dahsyat bagi umat muslim yang mengamalkannya.

Sholat tahajud merupakan ibadah yang kerap diamalkan oleh orang-orang soleh terdahulu, yang didirikan pada sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Sebagaimana dalam hadits riwayat Hakim,
Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili ra, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda: ‘Kalian lakukanlah terus qiyâmyul lail (dengan melakukan sholat Tahajud), karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kalian.

Qiyâmul lail (dengan melakukan sholat Tahajud) merupakan ibadah kalian kepada Tuhan kalian, melebur berbagai kesalahan dan mencegah dari dosa’,” (HR. al-Hakim dan ia berkata, Ini adalah hadits shahih sesuai syarat al-Bukhari).

Dalam pelaksanaannya, jumlah rakaat dari sholat tahajud tak berbatas dengan minimal dilakukan sebanyak 2 rakaat.

Kemudian, bacaan surat yang dianjurkan setelah membaca al-Fatihah tidak ada ketentuannya. Semua surat dalam Al-Qur'an baik panjang maupun pendek dianjurkan untuk dibaca.

Melansir dari laman NU online, berdasarkan ijma’ dari para ulama, hukum sholat tahajud adalah sunnah. Namun, kesunahannya bersifat muakkad atau sangat kuat karena selalu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Niat dan tata cara sholat Tahajud

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral