Ilustrasi Sholat Gerhana Bulan.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Ternyata Ini Alasan Utama Mengapa Sholat Gerhana Bulan Dianjurkan untuk Dikerjakan

Senin, 7 November 2022 - 19:13 WIB

Religi - Tepat pada tanggal 8 November 2022, diprediksi akan terjadinya fenomena Gerhana Bulan atau khusuful qamar. Hal ini berdasarkan data astronomis, yang juga menyatakan Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Namun, dengan adanya peristiwa Gernaha Bulan Total (GBT) di Indonesia, Kementerian Agama Indonesia melalui Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin mengajak seluruh umat Islam untuk menunaikan sholat sunnag Gerhana Bulan. 

Memang, dalam agama Islam sholat Gerhana Bulan sangat dianjurkan, bahkan nabi SAW juga menganjurkan sholat tersebut. Hal ini dikarenakan, Gerhana Matahari bukanlah hal yang biasa. Melainkan, tanda-tanda kebesaran Allah SWT. 

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseoranh. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah saholat dan bersedekahlah." (HR. Bukhari no. 1044).

Ilustrasi Sholat Gerhana Bulan

Tak hanya sampai di situ saja, dari penjelasan ustaz Khalid Basalamah dalam ceramahnya menuturkan, sholat Gerhana Bulan adalah sholat yang sangat dianjurkan dalam Islam. 

"Hal ini lantaran sifat melaksanakan sholat Gerhana Bulan, yakni fardhu kifayah. Makna fardhu kifayah di sini, apabila sudah ada yang mengerjakan, maka gugur bagi yang tak mengerjakan. Sama dengan melaksanakan sholat jenazah," kata ustaz Khalid Basalamah seperti yang dikutip dari kanal YouTube Almahasin, Senin (7/11/2022).

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:40
02:10
01:38
07:50
02:40
06:25
Viral