Ilustrasi Berbuka Puasa Senin dan Kamis.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Niat dan Tata Cara Puasa Senin Kamis, Tokoh Agama Beberkan Keutamaannya

Rabu, 30 November 2022 - 17:48 WIB

Religi - Bagi umat Islam yang menunaikan puasa hari kamis dan senin akan mendapatkan banyak keutamaan. Sebab, kata ustaz Adi Hidayat menyampaikan, bahwa kata nabi SAW, berpuasa di hari kamis, karena pada hari kamis adalah hari di mana amalan disampaikan kepada Allah.

Maka dari itu, ustaz Adi Hidayat katakan, nabi SAW menyerahkan amalannya dengan keadaan berpuasa. Mengapa demikian, karena kebiasaan orang berpuasa punya dua keistimewaan.

"Satu, orang puasa sering meningkatkan amal solehnya, kedua inti puasa itu mencegah  berbuat maksiat," pungkas ustaz Adi Hidayat, seperti yang dilansir dari kanal YouTube Indonesia Mengaji, Rabu (30/11/2022). 

Akan tetapi, anda juga harus mengetahui, mengapa ada puasa pada hari Senin dan puasa di hari Kamis? 

Dalam ceramah Buya Yahya, alasan mengapa adanya puasa Senin Kamis, karena pada itu hari Senin merupakan hari nabi dilahirkan. 

Sebab, ia katakan juga, bahwa menunjukkan kelahiran hari nabi ada nilainya, jika tidak ada mengapa disebut dan disambungkan untuk menjalankan ibadah puasa. 

"Makanya yang tidak bisa mengagungkan kelahiran nabi, dia harus paham hadis ini. Kalau ndak ada perlu dan ndak ada nilainya pada kelahiran nabi, tak perlu disebut," kata Buya Yahya dalam ceramahnya yang dikutip tvonenews.com dari kanal YouTube Al-Bahja TV, Rabu (30/11/2022).

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral