Timnas Finlandia dalam sesi latihan di kota Zelenogorsk, Saint Petersburg, 14 Juni 2021, menjelang pertemuan dengan Rusia..
Sumber :
  • ANTARA/AFP

Preview Euro 2020: Skenario Pertandingan Finlandia vs Rusia

Rabu, 16 Juni 2021 - 13:55 WIB

Jakarta - Markku Kanerva mendapatkan suntikan semangat menjelang lawatan ke St Petersburg untuk menantang Rusia dalam pertandingan kedua mereka dalam Euro 2020.

Pada Rabu (16/6/2021) malam nanti, atau pukul 20.00 WIB, Finlandia akan turun dengan kekuatan penuh karena tak ada yang cedera, bahkan bek kanan Nikolai Alho yang andalan pun sudah bisa berlatih bersama tim.

Sempat ada kekhawatiran terhadap Joon Toivio yang tak mengikuti latihan Senin karena sakit jari kakinya, bek berusia 33 tahun ini akhirnya dipastikan siap dimainkan melawan Rusia. Seperti biasa dia membentuk formasi tiga bek bersama Paulus Arajuuri dan Daniel O’Shaughessy. Mereka bertiga menjadi palang pintu untuk kiper Lukas Hradecky.

Mereka juga tetap diapit oleh dua bek sayap yang juga petugas kreatif pertahanan, Jere Uronen dan Jukka Raitala. Keduanya mendapatkan ditugaskan memasok bola dari sayap, sedangkan trio gelandang Glen Kamara, Robin Lod dan kapten Tim Sparv menjadi poros dalam menangkal serbuan Rusia dan menutup ruang gerak Aleksandr Golovin yang kemungkinan besar dipasang kembali oleh Rusia menjadi ujung tombak serangannya.

Dalam formasi lima bek plus tiga gelandang pada pola bermain 3-5-2 ini, tugas meneror pertahanan Rusia akan dilimpahkan kepada Teemu Pukki untuk kembali bermitra dengan Joel Pohjanpalo yang mencetak gol kemenangan debutan Euro ini saat pertandingan pertama melawan Denmark pekan lalu.

Tidak seperti Finlandia, bos Rusia Stanislav Cherchesov agak direpotkan oleh masalah cedera menjelang pertandingan kedua Grup B ini karena tetap tak bisa memakai tenaga Yuri Zhirkov yang masih dibalut cedera.

Cherchesov cenderung memasang 4-2-3-1 seperti saat melawan Belgia sekalipun tak membuahkan hasil seperti diinginkan. Tapi sang pelatih melihat ketidakberhasilan ini lebih karena lawan yang dihadapi saat itu jauh lebih superior dari lawannya kali ini.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral