PRSI menggelar kejuaraan daerah Open Wather Swimming di kawasan Jasalindo Situbondo.
Sumber :
  • tvone - hery sampurno

85 Atlet Renang Ikuti Kejurda Open Water Swimming di Laut Situbondo

Senin, 22 November 2021 - 09:30 WIB

Situbondo, Jawa Timur - Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) menggelar kejuaraan daerah Open Wather Swiming di kawasan Jasalindo Kabupaten Situbondo. Lomba  yang pertama kali di gelar menaklukan perairan Laut Jawa ini, diikuti  85 Peserta dari bebagai kabupaten di Jawa Timur, yang di bagi dalam dua kelas, yaitu kelas 1.000 meter dan 2.000 meter putra putri dengan usai di atas dua belas Tahun. para juara sendiri rencananya akan mewakili pemerintah Propensi Jawa Timur dalam ajang Pon beberapa tahun lagi.

Ketua umum PRSI Jawa Timur Ruswana menuturkan, digelarnya Kejurda renang perairan terbuka atau lebih di kenal Open Water Swimming (OWS) ini merupakan kejuaraan pertama di gelar dan sebagai bentuk apresiasi KONI dan PRSI Jatim atas preatasi OWS Jatim di PON XX 2021 Papua kemarin. OWS Jatim berhasil menjadi juara umum, dengan merebut 4 medali emas dan 2 perak  dari 6 nomor event yang di pertandingkan.

Selain itu untuk peserta harus berusia di atas 12 tahun, karena berenang di laut mempunyai risiko yang tidak sama dengan renang di kolam renang apa di laut jawa yang terkenal kuat arusnya. 

“Sebelum pertandingan resmi para peserta juga dilakukan percobaan,trial yang di laksanakan Sabtu kemarin,”papar Ruswana.

Cuaca yang mendukung serta tidak adanya ubur-ubur serta arus laut, membuat para peserta leluasa mengeluarkan tenaganya secara maksimal, tanpa gangguan apapun,namun arus laut yang di ciptakan oleh mesin jet ski yang di naiki oleh panitia yang terlalu dekat ke para peseta sempat membuat peserta kwalahan dalam berenang, ujar Jevon Janita, pemenang juara kelas 1.000 meter asal Surabaya.

Dalam kejurda kali ini, pemenang lomba untuk kelas 1.000 meter Putra, direbut oleh Jeven Janita asal Surabaya dengan menempuh waktu tiga belas menit lima puluh delapan detik, kemudian disusul oleh Hanafi Aditya asal kota Surabaya, dengan waktu empat belas menit  lima belas detik dan juara Tiga di rebut oleh Aditya Fitrianto asal kabupten Sidoarjo, dengan waktu lima belas menit satu detik.

Untuk putri 1.000 meter, juara satu diraih Taira Eko asal Sidoarjo, nomor Dua Ardenti Rucira asal Malang dan juara Tiga Athalia Darin asal Malang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral