Federasi Atletik Dunia Pertimbangkan Atlet Rusia Tampil di Olimpiade Paris.
Sumber :
  • ANTARA

Federasi Atletik Dunia Buka Peluang Atlet Rusia Tampil di Olimpiade Paris

Selasa, 19 Desember 2023 - 14:29 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Asosiasi Federasi Atletik Dunia, Sebastian Coe, mengungkapkan adanya kemungkinan untuk atlet Rusia dan Belarus untuk mengikuti Olimpiade 2024 Paris di cabang olahraga atletik.

“Dunia berubah setiap lima menit, situasinya bisa berubah. Kami memiliki kelompok kerja yang memantau situasi dalam olahraga ini dan akan memberikan saran dan panduan kepada dewan terkait mengenai keadaan apa yang mungkin perlu ada agar pengecualian dapat dicabut,” kata Coe, dikutip dari AFP, Selasa.

Sebelumnya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) melarang keikutsertaan atlet Rusia dan Belarus di cabang olahraga tersebut, meskipun mereka diizinkan ikut sebagai atlet netral di luar pertandingan beregu dan tidak secara aktif mendukung perang di Ukraina.

Langkah ini pun mengubah posisi larangan awal mereka setelah invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022.

Namun, Coe mengatakan setelah langkah IOC, sikap dan posisi mereka terhadap situasi perang itu tidak berubah, yakni tetap menentang keras adanya tindakan seperti itu yang mungkin dapat menodai dunia olahraga.

“Tidak ada perubahan. Yang paling penting adalah semua orang mulai menyadari bahwa otonomi dan independensi federasi internasional dalam membuat keputusan ini sangatlah penting,” kata Coe.

“Kami membuat keputusan yang kami yakini merupakan kepentingan terbaik bagi olahraga kami,” ujarnya menambahkan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:01
00:52
01:49
01:18
14:22
10:10
Viral