Pemenang Jakarta E-Prix Formula E Jakarta.
Sumber :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

4 Fakta Seputar Formula E Jakarta

Minggu, 5 Juni 2022 - 21:20 WIB

Jakarta - Akhirnya ajang balap Formula E Jakarta berakhir dengan sukses. Gelaran yang diadakan di Jakarta International E-Prix Circuit, kawasan Ancol (4/5/2022) ini selesai dengan kemenangan Mitch Evans, disusul oleh Jean-Eric Vergne dan Edoardo Mortara untuk peringkat 2 dan 3. 

Antusiasme masyarakat Indonesia cukup tinggi terhadap gelaran ajang Formula E ini. Dan meskipun kini sudah usai, gelaran ini menyisakan sederet fakta menarik. Seperti yang dirangkum dari laman VIVA, berikut 4 fakta seputar gelaran Formula E Jakarta. 

1. Tak dihadiri Menteri BUMN
Sebelumnya ramai menjadi perbincangan jika tak ada satupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi sponsor Formula E. Padahal sebelumnya, sederet BUMN ramai menjadi sponsor gelaran gelaran MotoGP Mandalika pada bulan Maret silam.

Ketika ditanya alasan di balik kosongnya sponsor dari BUMN, Erick Thohir selaku Menteri BUMN memilih untuk tidak berkomentar. Dari polemik itulah Erick Thohir tidak hadir ketika ajang Formula E Jakarta berlangsung.

2. Ditonton oleh 60 ribu orang 
Berdasarkan laporan yang diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, total pengunjung yang menyaksikan gelaran Formula E Jakarta sekitar 60 ribu orang. 

Di mana 20 ribu diantaranya berada di sirkuit dan 40 ribu menonton di sekitar Ancol menggunakan layar besar yang disediakan panitia. Anies pun turut mengapresiasi sejumlah pihak yang telah membantu dan berkolaborasi dalam membuat gelaran ini berjalan lancar dan sukses. 

3. Dianggap acara untuk masa depan 
Formula E merupakan ajang balap menggunakan mobil bertenaga listrik, sehingga Jokowi berharap acara ini menjadi bentuk pengenalan masyarakat terhadap mobil listrik, Menurutnya di masa depan nanti, akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang menggunakan bensin ke mobil listrik. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral