Valentino Rossi.
Sumber :
  • Twitter @YamahaMotoGP

Kisah Fenomenal Max Biaggi, Mantan Musuh Bebuyutan Valentino Rossi

Kamis, 9 September 2021 - 14:38 WIB

Jakarta - Italia gudangnya rider jempolan. Siapa tak kenal dengan Valentino Rossi. The Doctor hingga kini memegang rekor sebagai pembalap terbanyak pengoleksi trofi juara dunia MotoGP.  Fenomena Rossi di dunia balap memang begitu kuat. Padahal selain Rossi, terdapat sejumlah rider Italia yang cukup sukses di pentas balap motor dunia. Sebut saja salah satunya, Max Biaggi.

Biaggi merupakan salah satu seteru terepik Valentino Rossi. Sejumlah drama melibatkan dua pembalap asal Negeri Pizza ini. Sejatinya, Biaggi bisa menjadi rider terbesar di dunia. Sayangnya, ia tumbuh di era Rossi mulai bersinar.

Meski demikian, Biaggi langsung melejit saat tampil di kelas 125 CC MotoGP. Kariernya semakin menjulang, saat ia memenangi ajang 250 CC 4 tahun beruntun, mulai dari 1994 hingga tahun 1997.

The Roman Emperor, begitu julukan Biaggi, mencoba peruntungan di kelas utama alias 500 CC. Dengan usia masih muda, kehadiran Biaggi langsung mendapat atensi dari rider senior, macam Mick Doohan hingga Alex Criville.

Saat Biaggi berada di usia emas, muncul tantangan baru bernama Valentino Rossi. Biaggi yang diunggulkan kala itu, akhirnya takluk oleh juniornya. Tak bisa mempertahankan performa terbaiknya, ia akhirnya hijrah ke Superbike.

Menunggangi motor Aprilia, rider kelahiran kota Roma ini berhasil meraih juara dunia Superbike dua kali. Yakni di tahun 2010 dan 2012.

Bicara soal sirkuit favorit, Biaggi adalah rajanya Sirkuit Brno. Di sirkuit ini pula, ia berhasil mengalahkan Rossi dua kali, tepatnya di tahun 2000 dan 2002. Biaggi memutuskan pensiun dari dunia balap pada tahun 2015 lalu. (Pandu/wnb/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral