Mandalika International Street Circuit.
Sumber :
  • antara

3 Fakta Unik Sirkuit Mandalika, Nomor 2 Replika Surganya Dunia

Kamis, 16 September 2021 - 21:50 WIB

Lombok, NTT, - Sirkuit Mandalika, sirkuit kebanggan Indonesia bertaraf internasional yang berada di Desa Kuta,  Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit fenomenal ini memiliki fakta unik dan menarik untuk disimak, berikut beberapa fakta unik dan menarik seputar Sirkuit Mandalika :

1. Sirkuit Jalan Raya

Fakta pertama adalah Sirkuit Mandalika memiliki status sirkuit jalan raya atau street circuit. Artinya dalam kondisi tidak ada event balap, Sirkuit Mandalika bisa difungsikan sebagai jalan raya, dimana kendaraan umum boleh lewat. Tetapi perlu diingat dalam hal ini tidak termasuk trek utama. Yang diperbolehkan untuk kendaraan umum hanya area service road.

Dalam keadaan even balap, service road digunakan untuk kepentingan jalur evakuasi ketika ada insiden kecelakaan. Service road dapat digunakan dan dilewati oleh masyarakat umum ataupun wisatawan menggunakan kendaraan dengan kapasitas tertentu, sesuai aturan yang di tetapkan disaat tidak ada event balapan.

2. Tujuan Wisata

Fakta kedua adalah Sirkuit Mandalika dibangun pada daerah wisata Indonesia bertaraf internasional. Pembangunan Sirkuit Mandalika tidak hanya soal penyelenggaraan event balap kelas internasional, akan tetapi mencakup program kawasan ekonomi khusus yang menjadikan Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata prioritas Indonesia. Sebut saja Bukit Merese, merupakan salah satu tempat melihat sunset terbaik di Pulau Lombok. Bukit Merese menyimpan pemandangan hijau yang mempesona berpadu dengan birunya laut yang menawan.

Selain itu ada juga Pantai Tanjung Aan, pasir putih dan laut birunya dapat dinikmati dengan tenang dan nyaman. Berjemur, berenang, dan bermain pasir adalah aktivitas yang cocok dan menyenangkan untuk dilakukan di sini. Sambil menikmati suasana, para wisatawan dapat membeli souvenir ataupun kuliner khas daerah Mandalika.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral