Timnas Indonesia Latihan Jelang Melawan Taiwan Babak Kualifikasi Piala Asia 2023.
Sumber :
  • www.pssi.org

Lawan Taiwan di Kualifikasi Piala Asia, Sejarah Memihak Indonesia

Kamis, 7 Oktober 2021 - 11:47 WIB

Jakarta - Taiwan akan menjadi ujian berat bagi Indonesia untuk melangkah ke babak kualifikasi Piala Asia 2023.Sama-sama bermain buruk di arena Prapiala Dunia 2022, kedua tim sedang bekerja keras memulihkan kepercayaan diri di laga yang akan berlangsung hari ini, Kamis (7/10).

Indonesia memang buta akan kekuatan Taiwan karena kedua tim nyaris tak pernah bertemu dalam beberapa tahun terakhir. Namun laman 11v11.com mencatatkan bahwa tim Garuda dan Taiwan pernah bertemu empat kali dan sejarah ternyata berpihak kepada pasukan Merah Putih.

18 Agustus 1971, untuk pertama kalinya Indonesia bertemu dengan Taiwan di ajang Piala Merdeka. Kedua tim berjumpa di babak semifinal setelah Indonesia menjuarai grup B. Sementara Taiwan menjadi runner up grup A. Indonesia menang 1-0 melalui gol tunggal Jacob Sihasale. Sayangnya di di babak final, pasukan Merah Putih harus mengakui keunggulan Burma.

Kedua tim kembali bertemu tiga tahun berselang di sebuah turnamen internasional yang berlangsung di Saigon. Vietnam. Dalam kejuaraan bertajuk Quoc Khanh Cup itu Indonesia lagi-lagi bertemu Taiwan di babak semifinal dan berhasil menang meyakinkan dengan skor 2-0.

Pertemuan ketiga terjadi di tahun 1981. Indonesia kembali bertempur dengan Taiwan di babak kualifikasi piala dunia 1982. Bentrok di Stadion Utama Senayan, pasukan Garuda berhasil menekuk Taiwan lewat gol tunggal Hadi Ismanto di menit 73.

Taiwan kemudian berhasil memperbaiki rekor mereka ketika berganti menjamu Indonesia di City Stadium. Pertemuan tanggal 28 Juni 1981 itu menjadi neraka bagi Hadi Ismanto dkk, Taiwan unggul mutlak 2-0.

Setelah itu, tak sekali pun keduanya bentrok di pertandingan resmi level senior. Sejarah masa lalu memang memihak Indonesia, tapi tentu saja masa depan Tim Nasional harus ditentukan sendiri oleh Asnawi Mangkualam dkk. (Bagus/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral