Dokumentasi - Dr.Leane Suniar Manurung MSc., SpGK..
Sumber :
  • ANTARA

Legenda Panahan Indonesia, Leane Suniar Tutup Usia

Senin, 22 November 2021 - 12:59 WIB

Jakarta - Masyarakat olahraga prestasi Tanah Air kehilangan salah seorang legenda panahan Indonesia, Dr.Leane Suniar Manurung MSc., SpGK, yang meninggal dunia  22 November 2021 akibat penyakit kanker usus besar yang dideritanya sejak 2019.

Menurut keterangan tertulis yang dilansir KONI Pusat, Senin, berbagai upaya pengobatan termasuk kemoterapi sudah dilalui legenda panahan Leane, namun penyakit yang diderita legenda kelahiran 4 Februari 1948 ini tidak kunjung sembuh.

Atas wafatnya Leane, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan duka cita mendalam.

“Saya beserta keluarga besar KONI Pusat, turut berduka cita atas wafatnya Ibu Dr.Leane Suniar Manurung, dan saya juga menyampaikan terima kasih serta apresiasi atas dedikasi Almarhumah untuk olahraga Panahan Indonesia.” ujar Ketum KONI Pusat.

“Semoga Almarhumah mendapat tempat yang mulia di sisi Tuhan yang Maha Pengasih, keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. Selamat jalan Patriot Olahraga Indonesia. Perjuanganmu mengharumkan nama bangsa dan negara melalui olahraga di kancah internasional akan kami lanjutkan,” sambung Ketum KONI Pusat.

Sewaktu masih menjadi atlet, Leane sempat mewakili Indonesia pada Olimpiade Montreal 1976. Kala itu Leane meraih peringkat sembilan di pesta olahraga multievent itu dengan skor 2352. Skor ini menyamai rekor dunia pada masanya. Adapun di Tanah Air, Leane puluhan kali memecahkan rekor nasional.

Setelah pensiun, Leane sempat menjadi dosen Ilmu Gizi pada Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI). Selain itu, pada 2018, ia sempat mengemban amanah sebagai Direktur Medical & Doping Control Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
07:09
02:26
00:58
Viral