Live World Boxing tvOne : Menanti Kiprah Si Raja Tengil.
Sumber :
  • antara

Live World Boxing tvOne : Menanti Kiprah Si Raja Tengil

Kamis, 9 Desember 2021 - 20:56 WIB

Jakarta - Siapa petinju paling tengil sejagad saat ini? Mungkin salah satunya adalah Vasyl Lomachenko. Petinju asal Ukraina ini memang paling jago bikin mental lawannya ambruk. Bahkan, ia kerap menampilkan aksi mengejek, di tengah pertarungan.

Sang mantan juara tinju dunia, Lomachenko akan bertarung untuk membuktikan bahwa  masih layak menjadi juara dunia. Ia akan berduel melawan Richard Commey. Duel akan berlangsung di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat pada Sabtu (11/12) waktu setempat atau Minggu (12/12) waktu Indonesia.

Menariknya, kedua petinju ini bernasib sama. Mereka menyandang status mantan juara dunia karena kehilangan gelarnya di tangan Teofimo Lopez. Vasyl Lomachenko merupakan mantan juara tinju dunia di 3 divisi berbeda. Lomachenko tercatat sebagai juara dunia WBA, WBC dan WBO (periode tahun 2018-2020).

Karir tinju Lomachenko dimulai dengan gemilang. Petinju berusia 33 tahun ini berhasil memenangkan medali emas pada pertandingan Olmpiade Beijing pada tahun 2008, serta Olimpiade London tahun 2012. Prestasi yang jarang dijumpai seorang atlet ,khususnya dunia tinju, dapat memenangkan dua kali medali emas dalam olimpiade.

Pada Oktober 2013, Lomachenko memutuskan memulai debut tinju profesionalnya, dan langsung berhasil meraih juara dunia WBO Internasional kelas bulu, setelah menganvaskan Jose Luis Ramirez. Namun sayang, saat memperebutkan gelar juara dunia di pertandingan berikutnya, petinju berjuluk Loma Hi Tech ini kalah, kala melawan Orlando Salido.

Tahun 2014, Lomachenko berhasil menjadi juara dunia di kelas bulu WBO dengan mengalahkan Gary Russell Jr. Dua tahun kemudian, Lomachenko naik kelas dan meraih gelar juara bulu super WBO setelah menaklukkan Romantis Martinez. Pada Mei 2018, Lomachenko kembali naik ke kelas ringan dan berhasil menyandang gelar juara dunia WBA setelah mengalahkan Jorge Linares.

Puncak Karirnya yakni saat ia berhasil menyatukan tiga gelar WBA, WBC dan WBO di kelas ringan. Namun ironisnya, ia kehilangan seluruh gelarnya setelah dikalahkan Teofimo Lopez pada Oktober 2010. Dan kini ia siap bangkit untuk meraih kembali gelarnya yang hilang. Dalam rekor tinju tercatat, petinju kidal ini telah melakoni 33 kali pertandingan. 15 Kali menang, 11 kali kemenangan KO dan 2 kali kalah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral