Cok Istri Agung S persembahkan medali emas dari cabang olahraga karate SEA Games 2021..
Sumber :
  • antarafoto

Penuh Kontroversi, Tim Karate Indonesia Rebut Medali SEA Games 2021

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:09 WIB

Ninh Binh, Vietnam – Tim nasional karate Indonesia berhasil menambah satu medali emas dan empat perak SEA Games 2021 pada pertandingan hari kedua di Pusat Olahraga Provinsi Ninh Binh, Vietnam, Kamis (19/05/2022). Namun perjuangan Tim Merah-Putih menghadapi banyak kontroversi.

Cok Istri Agung S mempersembahkan medali emas pada nomor kumite -55 kg putri. Ia mengalahkan wakil Thailand, Namkhao Penpisut, dengan skor 2-0, dan memetik emas keduanya di kejuaraan multievent Asia Tenggara setelah juga menjadi juara pada SEA Games 2017.

“Sebenarnya yang berat itu saat saya tanding di semifinal karena ketemu lawan waktu di final SEAKF sebulan lalu dan saya kalah. Tapi saya bertekad di SEA Games ini harus balas dan saya buktikan,” kata atlet yang akrab dipanggil Coki.

Ceyco Georgia H turut menghadirkan medali perak pada nomor kumite -68 kg putri. Ceyco mempersulit atlet Vietnam, No Thi Thu Hien, dengan unggul 2-1 sampai 40 detik menjelang akhir laga. Tapi andalan tuan rumah kemudian membalikkan keadaan dan merebut kemenangan mengejutkan, 5-1.

Tambahan medali perak dari Ignatius Joshua Kandou pada nomor kumite -75 kg putra yang menghadapi wakil Malaysia, Raghonathan Sharmendran dengan skor akhir 1-3.

Medali perak berikutnya merupakan sumbangan Dessynta pada nomor kumite +68 kg setelah bertarung dengan dramatis atlet Vietnam, Bui Thi Thao. Sepanjang pertandingan, kedua pemain tampil bertahan dengan minim jual beli serangan hingga lima detik menuju berakhir terjadi ketegangan.

Atlet Vietnam Bui Thi Thao mengambil inisiatif untuk menyerang. Dessynta merespons dengan balik membalas pukulan. Wasit pun menghentikan pertandingan saat waktu tersisa 1 detik. Dua karateka meminta wasit untuk menonton Video Assistant Referee (VAR).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral