Tim Basket Indonesia Hentikan Dominasi Filipina di 13 SEA Games.
Sumber :
  • Antara

Sejarah! Tim Basket Indonesia Raih Emas Pertama Sekaligus Hentikan Dominasi Filipina di SEA Games

Minggu, 22 Mei 2022 - 19:40 WIB

Hanoi, - Timnas basket Indonesia mengukir sejarah dengan mengalahkan raja basket Asia Tenggara, Filipina, pada ajang SEA Games 2021. Indonesia menang 85-81 atas Filipina di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5).

Indonesia berhasil merebut medali emas setelah menempati posisi puncak babak grup yang menggunakan sistem round robin dengan torehan 12 poin. Tim Merah Putih mengungguli Filipina yang harus puas di posisi kedua dengan 11 poin.

Sejak babak pertama, para pebasket Indonesia langsung tampil menekan dengan berupaya meruntuhkan benteng pertahanan lawan. Demikian juga lawan, yang juga menerapkan strategi yang sama. Namun, dominannya Indonesia di sisi pertahanan membuat permainan babak pertama selama 10 menit itu dapat dimenangi dengan skor 18-14.

Memasuki babak kedua, permainan Indonesia semakin menanjak. Beberapa kali tembakan tiga angka meluncur mulus ke keranjang. Skor berakhir 36-32.

Tertinggal empat angka, Filipina berupaya mengejar pada babak ketiga. Namun, upaya itu tidak mudah bagi skuat Reyes Vincent ini. Benteng pertahanan Indonesia semakin solid karena dimotori Derrick dan Bolden yang tampil maksimal pada laga puncak tersebut.

Satu tembakan tiga angka dari Bolden pada pengujung babak ketiga yang membawa tim unggul 63-60 yang langsung disambut sorak-sorai pendukung Indonesia.

Berbekal keunggulan itu, Tim Indonesia semakin percaya diri melaju di babak penentuan.

Saat waktu tersisa 4 menit, Indonesia sudah mampu meninggalkan lawan delapan angka menjadi 78-70, namun pemain Filipina Fajardo Sotto Junemar mampu memperkecil setelah tembakan dua angkanya dari sisi kiri berbuah poin. Skor berubah 78-74.

Saat waktu tersisa 1:18 detik, pemain andalan Indonesia Derrick harus ke luar dari lapangan karena sudah melakukan lima kali kesalahan. Raut muka kecewa tak dapat ditutupi oleh pemain keturunan Indonesia-Kamerun ini.

Di pengujung babak saat pertandingan menyisakan 40 detik, Indonesia sudah unggul 81-76. Kemenangan itu semakin disempurnakan menjadi 85-81 setelah satu tembakan tiga angka Lakudu Hardianus berbuah poin.

Raihan emas ini menjadi sejarah tersendiri bagi cabang basket. Ini pertama kali raih emas di ajang SEA Games. Sebelumnya, baru empat medali perak dan tiga perunggu yang diraih.

"Ini pertama kalinya Indonesia meraih medali emas dari cabor basket sejak keikutsertaan pada 1977," kata Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Indonesia sekaligus memutus dominasi Filipina yang menjadi langganan emas SEA Games selama 13 kali beruntun.

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral