Mantan pemain bulu tangkis China Huang Hua.
Sumber :
  • Tangkapan Layar YouTube Huang Hua

Pernah Jadi Ratu Bulu Tangkis Dunia, Atlet China Ini Justru Pilih Jadi Warga Negara Indonesia di Puncak Kariernya, Siapa?

Minggu, 24 Desember 2023 - 17:52 WIB

tvOnenews.com - Mantan atlet bulu tangkis China yang pernah menduduki peringkat satu dunia di nomor tunggal putri ini memutuskan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di akhir kariernya.

Dia adalah Huang Hua yang dikenal sebagai Ratu Bulu Tangkis China. Dia memilih untuk menanggalkan statusnya dari warga Tiongkok menjadi Indonesia pada 1993 silam.

Bukan tanpa alasan mengapa Huang Hua rela melepas kewarganegaraan China. Hal ini karena atlet tunggal putri itu menikah dengan orang Indonesia yakni Tjandra Budi Dharmawan. 

Sebagaimana diketahui, Tjandra Budi Dharmawan merupakan kerabat dekat dari Chen Yu Niang yaitu pelatih dari Huang Hua semasa menjadi atlet bulu tangkis.

Di periode 90-an, julukan ratu bulu tangkis cukup melekat dengan Huang Hua karena dirinya menjadi salah satu atlet yang dikenal tangguh pada masanya.

Pebulutangkis Indonesia yakni Susi Susanti dan Yuni Kartika merupakan rival dari Huang Hua saat berlaga di Olimpiade Barcelona 1992 di nomor tunggal putri.

Huang Hua bahkan bertemu Susi Susanti di semifinal Olimpiade Barcelona 1992 meskipun harus kalah dari atlet Indonesia itu yang akhirnya keluar sebagai juara dan meraih medali emas.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral