Amerika Serikat pernah lahirkan banyak pebalap motoGP ternama..
Sumber :
  • tvOne

Ini Penyebab Tak Ada Lagi Pebalap Amerika Serikat Berkiprah di motoGP

Kamis, 30 Juni 2022 - 16:02 WIB

Los Angeles, Amerika Serikat – Amerika Serikat boleh jadi produsen terbesar otomotif. Tapi soal pebalap, terutama motoGP, Negeri Paman Sam kini seperti tidak memiliki jejak di bumi. Mengapa?

Jika membahas soal pebalap Amerika Serikat (AS), nama-nama besar bermunculan di benak para penggemar balap motor, terutama fans motoGP. Mendiang Nicky Hayden, misalnya, menjadi rider favorit, setelah The Kentucky Kid sukses merengkuh titel juara balapan paling bergengsi pada 2006.

Selain Nicky Hayden, Kenny Roberts Junior terkenal sebagai juara dunia motoGP pertama yang berasal dari negara adidaya. Masih banyak pebalap Amerika Serikat lain yang berkiprah di balapan motor roda dua paling terkenal, seperti Ben Spies, Wayne Rainey, Kevin Schwantz serta Freddie Spencer.

Namun seiring pergantian tahun dan zaman yang semakin maju, pebalap-pebalap asal Amerika Serikat malah menghilang dari kompetisi pacu motor paling ternama di dunia. Pada perhelatan motoGP dekade 20-an pada millennium kedua, kini tidak ada lagi satu pun rider AS yang berlaga di motoGP.

Kini mayoritas kewarganegaraan para peserta balap kejuaraan dunia grand prix motor lebih dominan dari benua Eropa. Ada juga beberapa pebalap yang bukan berasal dari Benua Biru. Tapi jumlahnya tak banyak, bisa dihitung dengan jari, seperti Jack Miller, Brad Binder, dan Takaaki Nakagami.

 

Gerloff Hampir Gantikan Rossi

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral