LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Ilustrasi bunuh diri
Sumber :
  • Antara

Bunuh Diri Bukan Solusi! 7 Kiat Bangkit dari Depresi

Tahun 2023 telah dilalui dengan banyaknya kasus bunuh diri yang menimpa mahasiswa di berbagai daerah. Tidak hanya mahasiswa, kasus yang sama datang dari kalangan remaja awal hingga dewasa.

Jumat, 22 Maret 2024 - 11:50 WIB

tvOnenews.com - Tahun 2023 telah dilalui dengan banyaknya kasus bunuh diri yang menimpa mahasiswa di berbagai daerah. Tidak hanya mahasiswa, kasus yang sama datang dari kalangan remaja awal hingga dewasa. Kasus tersebut meningkat 36,4 persen jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

WHO tahun 2019 menyatakan bahwa bunuh diri masih menjadi penyebab kematian keempat terbesar di seluruh dunia. Data terbaru menunjukkan bahwa tekanan akademik, masalah mental, isolasi sosial menjadi salah satu pemicu pada beberapa kasus terbaru. Dilansir dari data Pusat Penelitian dan Pengembangan Kemenkes, kejadian bunuh diri merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius dan saat ini harus menjadi perhatian global, terutama di lingkungan pendidikan.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran untuk mengakhiri hidupnya, salah satunya yaitu depresi. Depresi dapat disebabkan oleh gangguan senyawa kimia dalam otak, gangguan keseimbangan hormon, trauma masa lalu, mengidap penyakit kronis, efek samping dari pengobatan tertentu, faktor genetik, stress berkepanjangan, ketergantungan NAPZA atau alkohol, dan masih banyak lagi. Kebanyakan orang tidak menyadari gejala-gejala kecil dan mereka pun malu untuk konsultasi ke psikolog atau psikiater.

Padahal, depresi tidak sesederhana itu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan jika terlintas pikiran untuk bunuh diri :
1. Berikan afirmasi positif kepada diri sendiri Tidak perlu susah payah mencari-cari alasan untuk hidup. Orang yang sudah terbesit dalam pikirannya untuk bunuh diri sudah tidak memiliki gairah untuk melanjutkan hidup. Jika sudah tidak bisa terlintas kata positif lagi, maka bisa dibantu dengan mencari afirmasi positif melalui media sosial. Mungkin akan membantu Anda lebih tenang dan merasa bahwa Anda tidak semestinya sendiri.
2. Berceritalah kepada orang yang Anda percaya
Terbuka dan menjadi egois tidak selamanya buruk, kok. Anda telah memikul beban berat itu sendirian. Biarkan orang lain tahu, setidaknya ada yang bisa mengerti apa yang Anda rasakan sekarang. Sembilan dari sepuluh orang mungkin akan berkata belum menemukan tempat cerita yang membuatnya merasa aman. Tidak apa-apa. Anda bisa bergabung dalam komunitas kesehatan mental. Di sana terdapat banyak orang yang saling support dan tidak menghakimi.
3. Cari coping mechanism yang positif
Tidak perlu terburu-buru. Anda tidak sedang dikejar. Perlahan Anda akan menemukan pengganti kebiasaan buruk itu dengan sesuatu yang mengurangi rasa sakit. Misal sebelumnya Anda masih suka menyayat tangan, sekarang Anda bisa mencari alternatif lain, seperti memasang karet di pergelangan tangan. Langkah awal untuk menghindari pikiran self harm yaitu dengan menjepretkan karet tersebut. Itu jauh lebih baik, dan nantinya Anda
akan ber-progress hingga akhirnya pulih. Nikmati prosesnya, Anda sudah bertahan sebaik dan sejauh ini.
4. Ingat-ingat kembali kenangan terindah
Memori mungkin tidak selamanya menyimpan kenangan lama. Tapi, ingatkah Anda kapan terakhir wajah Anda memasang senyum merekah? Anda terlalu keras terhadap diri sendiri. Duduk dulu, Anda juga manusia. Tidak semua hal harus diselesaikan secara bersamaan. Anda memiliki banyak waktu untuk memproses ini semua. Buatlah List 100 tempat yang ingin Anda kunjungi dan makanan yang ingin Anda coba. Hal-hal sederhana seperti ini mungkin terkesan sepele. Namun tidak ada yang tahu. Bisa jadi, pada list nomor kesekian Anda merenungi kembali alasan dilahirkan di dunia ini.

Baca Juga :


5. Meditasi dan mindfulness
Bicara soal mindset, mungkin saat ini setting-an pabrik Anda selalu mengerjakan semuanya secara cepat dan tidak suka jika waktu terbuang secara sia-sia. Padahal, Anda juga butuh istirahat. Ingat, Anda bukan robot. Sesekali, lakukanlah meditasi dan mindfulness. Kerjakan aktivitas dengan memusatkan perhatian penuh dalam aktivitas itu dan cobalah untuk tidak terdistraksi akan hal lain. Menangis tidak haram, kok. Tidak apa-apa jika butuh untuk menangis. Menangis itu salah satu bentuk penyaluran emosi, loh. Setidaknya, dengan menangis Anda belajar bahwa masih ada bagian dari tubuh Anda yang berpihak dan selalu membersamai di saat suka maupun duka.
6. Kenali sinyal tubuh
Anda yang paling tahu tentang tubuh Anda. Seperti halnya perut keroncongan saat makan. Kita disarankan untuk makan sebelum lapar, bukan? Seperti halnya, sinyal stres datang saat Anda merasa tertekan dan syaraf otak memberi tanda. Seringnya Anda tidak menghiraukan hal tersebut. Lama-lama menumpuk dan hanya akan menjadi bom waktu di kemudian hari. Tidak ada yang tahu kapan meledaknya. Hal yang ditakuti adalah ketika meledak di orang yang salah. Sudah sewajarnya Anda mengetahui kapasitas diri dan batas berhenti sebelum sinyal stres datang.
7. Carilah bantuan
Ada kalanya tubuh ini butuh istirahat, tapi ada kalanya otak menyuruhnya untuk berhenti. Mungkin sebagian dari Anda akan merasa relate akan hal ini. Bayangkan Anda menaiki perahu rakit di tenangnya lautan samudra. Jika pada saat itu Anda diminta loncat menenggelamkan diri, apa yang ada di benak Anda? Mungkin ada yang menjawab akan terus mempertahankan posisi hingga akhirnya menepi ke daratan. Sebetulnya, di situasi kalut banyak orang yang ingin menyelesaikan masalahnya saja. Terlalu muak untuk dirasakan tiap harinya. Perlu Anda ketahui, bunuh diri bukan jalan keluar. Itu sama sekali tidak menyelesaikan masalah. Sebagian orang, bahkan Anda mungkin sudah mencari tahu bagaimana cara mati yang tidak menyakitkan. Tidak ada yang paling rendah standar sakitnya. Semuanya sama-sama menyakitkan. Bahkan bekasnya justru akan sangat lama hilangnya. Anda hanya ingin mematikan masalahnya, mencoba berlari keluar dari jeruji yang selama ini telah membentuk seperti kurungan penjara.

Penulis  Zerlynda Ali menyatakan mari hidup lebih lama lagi. Manusia hadir di dunia ini bukan tanpa alasan. Jauh sebelum Anda diciptakan, malaikat telah bertanya kepada Anda sebanyak 77x apakah Anda yakin untuk dihidupkan di dunia ini. Anda pun mengiyakan dengan bukti hadirnya Anda di dunia ini. Di samping itu, sebelum roh ditiupkan pada rahim ibu Anda, Tuhan telah memberi gambaran kehidupan Anda sejak lahir di dunia hingga masuk ke alam kubur dan Anda pun mengiyakan dengan bukti kehadiran Anda membaca artikel ini. Tandanya apa? Itu pertanda akan ada kebahagiaan besar yang menunggu Anda di kemudian hari yang membuat Anda menyetujui untuk dihidupkan di dunia ini. Hiduplah selagi bisa. Hiduplah sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang Tuhan beri dan ciptakan.(chm)

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Usai Scudetto Liga Italia, Inter Milan Jor-joran di Bursa Transfer dan Incar 3 Nama Top

Usai Scudetto Liga Italia, Inter Milan Jor-joran di Bursa Transfer dan Incar 3 Nama Top

Setelah memastikan gelar juara Liga Italia 23/24, manajemen Inter Milan bakal lakukan perombakan besar-besaran di skuad mereka pada bursa transfer mendatang.
Memilukan, Sedang Asyik Berteduh di Saung, 1 Orang tertimbun Longsor

Memilukan, Sedang Asyik Berteduh di Saung, 1 Orang tertimbun Longsor

Kejadian memilukan baru ini menimpa seorang warga Bandung Barat. Pasalnya, pada hari sabtu ((27/4) akibat intesitas hujan yang tinggi, telah terjadi longsor
Gara-gara Dikalahkan Timnas Indonesia, Rencana Besar Korea Selatan Hancur Berantakan

Gara-gara Dikalahkan Timnas Indonesia, Rencana Besar Korea Selatan Hancur Berantakan

Federasi sepak bola Korea Selatan harus menunda sejumlah rencana besar mereka usai disingkirkan Timnas Indonesia pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024.
Terungkap! Brigadir Ridhal Ternyata Tinggal di Rumah Orang Ternama di Mampang Jaksel

Terungkap! Brigadir Ridhal Ternyata Tinggal di Rumah Orang Ternama di Mampang Jaksel

Almarhum Brigadir Ridhal Tomi Ali menempati rumah milik mantan menteri Fahmi Idris di Jalan Mampang Prapatan IV RT 10/ RW 02, Tegal Parang, Jakarta Selatan.
Detik-detik Polda Kepri Bekuk Pelaku Penampungan PMI Ilegal, Ini Tampangnya

Detik-detik Polda Kepri Bekuk Pelaku Penampungan PMI Ilegal, Ini Tampangnya

Tersiar kabar ihwal Tim Si Intelair Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Kepri menangkap seorang pelaku penampungan PMI non prosedural
Ramai Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam karena Alasan Keamanan, Wali Kota Denpasar: Kami Menghormati Pendatang dalam Konteks

Ramai Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam karena Alasan Keamanan, Wali Kota Denpasar: Kami Menghormati Pendatang dalam Konteks

Sebelumnya, muncul pro dan kontra soal warung Madura di Kelurahan Penatih, Denpasar Timur yang ditertibkan oleh Satpol PP dan diimbau buka sampai jam 12 malam.
Trending
Momen Ibunda Pratama Arhan Menangis, Singgung Menantunya Azizah Salsha, Ternyata...

Momen Ibunda Pratama Arhan Menangis, Singgung Menantunya Azizah Salsha, Ternyata...

Ibunda Pratama Arhan tak kuasa menahan tangis, singgung menantunya Azizah Salsha usai laga perempat final Piala Asia U-23 2024 saat selebrasi Arhan menang.
Usai Timnya Dipulangkan, Hwang Sun-hong Sebut Timnas Indonesia Menang karena 2 Hal Ini, Sempat Singgung Shin Tae-yong

Usai Timnya Dipulangkan, Hwang Sun-hong Sebut Timnas Indonesia Menang karena 2 Hal Ini, Sempat Singgung Shin Tae-yong

Setelah Timnas Korea Selatan disingkirkan dari Piala Asia U-23, Hwang Sun-hong menyebut Timnas Indonesia menang karena dua hal ini, sempat sebut Shin Tae-yong.
Timnas Indonesia U-23 Dihujani Kabar Gembira Jelang Melawan Uzbekistan, Nomor 2 Bisa Bikin Menang

Timnas Indonesia U-23 Dihujani Kabar Gembira Jelang Melawan Uzbekistan, Nomor 2 Bisa Bikin Menang

Timnas Indonesia U-23 dihujani kabar gembira jelang pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 kontra Uzbekistan di Stadion Abdullan bin Khalifa, Senin (29/4/2024).
Solidaritas Asia Tenggara! Bintang Thailand dan Singapura Ikut Dukung Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Solidaritas Asia Tenggara! Bintang Thailand dan Singapura Ikut Dukung Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Marselino Ferdinan mendapatkan dukungan dari dua rekannya di Liga Belgia yang berasal dari Asia Tenggara, ketika sedang berlaga untuk timnas Indonesia U-23.
Negaranya Gagal di Piala Asia U-23 2024, Suporter Thailand Akui Ingin Lihat Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Negaranya Gagal di Piala Asia U-23 2024, Suporter Thailand Akui Ingin Lihat Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Suporter Thailand ingin melihat timnas Indonesia U-23 melenggang ke Olimpiade Paris 2024 dengan mengalahkan Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 2024.
3 Klub Besar Liga Belanda Ini Ikut Soroti Kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan di Piala Asia U23

3 Klub Besar Liga Belanda Ini Ikut Soroti Kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan di Piala Asia U23

Bukan hanya fans dalam negeri saja yang soroti kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan di Piala Asia U23, klub Liga Belanda ini juga lakukan hal serupa.
Media Qatar Bersaksi Timnas Indonesia U-23 Punya Senjata Rahasia untuk Berjaya di Piala Asia U-23 2024

Media Qatar Bersaksi Timnas Indonesia U-23 Punya Senjata Rahasia untuk Berjaya di Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 disinyalir punya senjata rahasia untuk berjaya di Piala Asia U-23 2024 setelah berhasil menyingkirkan Korea Selatan di perempat final.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Kabar Utama
21:00 - 22:00
Indonesia Dalam Peristiwa
22:00 - 23:00
One Pride Mixed Martial Arts
00:00 - 02:00
Bundesliga Seru
Selengkapnya