Tutup Menu
LIVESTREAM
Artikel
Ilustrasi dokter spesialis anak
Sumber :
  • Antara

Pandemi Gelombang Kedua, Kasus Covid-19 Pada Anak Capai 12,5 persen

Sabtu, 24 Juli 2021 - 20:16 WIB

Jakarta - Lonjakan kasus Covid-19 pada gelombang kedua tidak hanya berdampak pada orang dewasa tetapi juga anak-anak, bahkan layanan konsultasi kesehatan digital pada klinik spesialis anak juga mengalami peningkatan.

Data nasional menunjukkan konfirmasi Covid -19 pada anak berusia 0-18 tahun mencapai 12,5 persen. Artinya 1 dari 8 kasus konfirmasi Covid -19 adalah anak-anak. Salah satu penyebab tingginya angka infeksi pada anak adalah orang tua kurang disiplin dalam menerapkan dan menjaga prokes.

Dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor mengatakan klinik spesialis anak di platform Good Doctor mengalami peningkatan permintaan konsultasi yang tinggi sebanyak 45 persen selama 2 minggu terakhir dan merupakan salah satu klinik spesialis yang paling banyak diakses pengguna.

"Konsultasi terkait Covid -19 pada anak juga meningkat, saat ini sebanyak 25 persen dari total jumlah konsultasi terkait Covid -19. Karena itu kami berharap semakin banyak orang tua memanfaatkan layanan ini dengan maksimal karena dapat diakses dari mana saja, kapan saja untuk menjaga dan melindungi kesehatan buah hati," kata dr. Adhiatma dalam webinar "Healthy Kids Healthy Family" pada Sabtu.

Dokter Spesialis Anak mitra Good Doctor, Dr. Natasha Ayu Andamari, Sp.A, menjelaskan penularan COVID-19 pada anak pada umumnya terjadi lewat orang dewasa di sekitarnya yang tidak taat prokes. Misalnya saja tidak segera berganti pakaian dan mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah.

"Orang tua harus tetap waspada dengan mematuhi prokes dan tidak mengajak anak-anak untuk keluar rumah dulu," kata dr. Natasha.

Lebih lanjut, dr. Natasha mengatakan ketika orangtua mendapati anak-anak di rumah menunjukkan gejala seperti demam dan batuk, tidak ada salahnya waspada dan mencurigai si kecil terpapar COVID-19.

"Meskipun gejala pada anak umumnya ringan, namun bagi anak dengan kondisi khusus, misalnya memiliki kondisi medis lainnya, maka sebaiknya segera cek ke dokter," ujarnya.

Jika anak terdeteksi positif Covid -19, maka langkah yang dianjurkan adalah isolasi mandiri, orangtua bisa mendampingi anak dengan tetap menggunakan masker, dan melakukan prokes lainnya. Selama isoman, penuhi kebutuhan anak dengan nutrisi sehat, dan pemberian obat serta vitamin yang dianjurkan.

"Orang tua harus mengenali tanda bahaya saat anak melakukan isoman di rumah dan segera laporkan atau bawa anak ke IGD jika ada tanda bahaya," kata dr. Natasha.

Selain memperhatikan kondisi fisik, masalah psikologis anak juga harus diperhatikan. Psikolog anak dan keluarga, Samantha Elsener, M.Psi, mengatakan saat ini anak-anak di Indonesia sedang mengalami masa sulit.

Mereka tak bisa belajar bersama para guru, teman-teman mereka, bermain, dan bergaul karena ada pembatasan sosial. Kondisi tersebut tentu berpengaruh pada kondisi mentalnya.

"Sebagai pembimbing dan pengasuh utama anak selama pandemi, orangtua perlu menemukan cara-cara agar bisa mengelola rasa stres dan emosinya agar pendidikan dan perkembangan anak tetap optimal," ujar Samanta.

Untuk mengurangi stres, Samanta menyarankan orangtua melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan di rumah seperti bermain board games, atau mengajak anak membantu pekerjaan rumah.

Jika orangtua merasa tekanan yang dialami selama pandemi terlalu besar, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada ahlinya, bisa melalui layanan telemedicine. (mii/ant)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Idap Kanker Paru-Paru,

Idap Kanker Paru-Paru, "Ratu" Bulutangkis Era 80-an Verawaty Fajrin Terbaring Lemah di Rumah Sakit

Ratu bulutangkis Indonesia era 1980-an, Verawaty Fajrin, kini terbaring di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, karena menderita sakit kanker paru-paru yang diketahuinya sejak tahun lalu.
Tersangka Penistaan Agama Yahya Waloni Cabut Permohonan Praperadilan

Tersangka Penistaan Agama Yahya Waloni Cabut Permohonan Praperadilan

Yahya Waloni pada surat tertanggal 13 September 2021 memohon kepada Ketua PN Jakarta Selatan agar mencabut permohonan praperadilan No. 85/Pid.Pra/2021/PN JKT.SEL.
“The Crown” Menangkan Serial Drama Terbaik Emmy Awards 2021

“The Crown” Menangkan Serial Drama Terbaik Emmy Awards 2021

The Crown memenangkan piala Serial Drama Terbaik Emmy Awards 2021.
Akhirnya! Tim SAR Temukan Jasad Nelayan yang Jatuh dari Perahu di Perairan Kalisusu Buton Utara

Akhirnya! Tim SAR Temukan Jasad Nelayan yang Jatuh dari Perahu di Perairan Kalisusu Buton Utara

Jasad seorang nelayan yang pada Minggu (19/9) dilaporkan jatuh dari perahu di perairan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara, ditemukan pada Senin pagi.
Puan Bicara Calon Panglima TNI, Ini Pernyataan Selengkapnya

Puan Bicara Calon Panglima TNI, Ini Pernyataan Selengkapnya

Persetujuan calon Panglima TNI akan didasarkan pada kepentingan organisasi TNI dan kepentingan rakyat secara luas. "Bukan didasarkan kepentingan politik sempit," kata Puan.
Pemerintah Vietnam Kembali Longgarkan Pembatasan di Hanoi Setelah Kasus Covid-19 Menurun

Pemerintah Vietnam Kembali Longgarkan Pembatasan di Hanoi Setelah Kasus Covid-19 Menurun

Hanoi akan melonggarkan lagi pembatasan Covid-19 pekan ini seiring dengan penurunan jumlah kasus baru dan bahwa sebagian besar populasi orang dewasanya sudah menerima dosis pertama vaksin, kata pemerintah.
Trending
Dirtipidum: Napoleon pukuli dan lumuri Kece dengan kotoran manusia

Dirtipidum: Napoleon pukuli dan lumuri Kece dengan kotoran manusia

Hasil pemeriksaan perkara penganiayaan yang dialami M Kece di Rutan Bareskrim Polri terungkap bahwa Irjen Pol Napoleon Bonaparte telah memukuli dan melumuri Kece dengan kotoran manusia.
Ini Lho! Penampakan M Kece Sesaat Setelah Dihajar Irjen Pol Napoleon di Rutan

Ini Lho! Penampakan M Kece Sesaat Setelah Dihajar Irjen Pol Napoleon di Rutan

Tersangka penistaan agama Muhammad Kece menjadi korban penganiayaan Irjen Pol Napoleondi Rutan Mabes Polri. Napoleon pun siap mempertanggungjawabkan semua tindakannya terhadap M Kece.
Diduga Supir Mengantuk, Sebuah Minibus Tabrak Truk;

Diduga Supir Mengantuk, Sebuah Minibus Tabrak Truk; "Dua meninggal di lokasi kejadian."

Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalur Pantura Indramayu tepatnya di Desa Santing, Kecamatan Losarang, Minggu malam (19/9). Akibat insiden tersebut 2 orang meninggal di lokasi kejadian satu di antaranya ibu hamil tujuh bulan. Semuanya, warga Kuningan, Jawa Barat.
Polisi Sudah Periksa Enam Saksi Kasus Penganiayaan M Kece

Polisi Sudah Periksa Enam Saksi Kasus Penganiayaan M Kece

Dirtipidum Brigjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan jumlah saksi yang telah diperiksa dalam kasus penganiayaan Muhammad Kece bertambah tiga orang sehingga menjadi enam orang.
Korban Perkelahian di Atas Kapal yang Jatuh Ke Laut Ditemukan Meninggal Dunia 

Korban Perkelahian di Atas Kapal yang Jatuh Ke Laut Ditemukan Meninggal Dunia 

Setelah tiga hari pencarian, korban perkelahian diatas Kapal Devina 2 atas nama Hamzah akhirnya ditemukan di Perairan Tanjung Pasir Bulungan, Kalimantan Utara.
Klasemen Liga Italia: Inter Milan di puncak setelah pesaing 'terpeleset'

Klasemen Liga Italia: Inter Milan di puncak setelah pesaing 'terpeleset'

Inter Milan menduduki puncak klasemen Liga Italia setelah para pesaingnya terpeleset dalam rangkaian laga pekan keempat hingga Senin dini hari WIB.
Kontak Tembak Kembali Pecah di Kiwirok Papua

Kontak Tembak Kembali Pecah di Kiwirok Papua

Kontak tembak antara anggota TNI-Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB), Senin (20/9), kembali terjadi di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Damai Indonesiaku
15:00 - 15:30
Kabar Pasar
15:30 - 16:00
-Ragam Perkara
16:00 - 17:30
Kabar Petang
17:30 - 18:30
Kabar Petang Pilihan
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
Selengkapnya