LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Graha Wisata Ragunan Siap Tampung Pasien Covid-19 | tvOne

Selasa, 29 September 2020

Jakarta, Klik Disini - Kian meningkatnya penyebaran virus corona (Covid-19) di ibu kota negara membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan tiga lokasi baru untuk tempat isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19 berdampak ringan atau berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Salah satu tempat yang dipersiapkan berada di Graha Wisata Ragunan Jakarta Selatan (Jaksel), yang terdiri dari 76 kamar yang mampu menampung 152 pasien Covid-19. Penetapan Graha Wisata Ragunan sebagai lokasi isolasi untuk menahan lonjakan pasien yang tidak mendapat ruang isolasi di rumah sakit lain.

Adanya tempat isolasi mandiri baru yang disiapkan untuk pasien covid-19  ini mendapat respon positif maupun negatif dari warga sekitar. Warga mengaku takut tertular dengan adanya tempat isolasi mandiri yang berada di dekat lingkungan mereka.

Persiapan ruangan Graha Wisata Ragunan untuk isolasi telah mencapai 100 persen. Pengelola gedung menyebutkan, setiap satu kamar dapat diisi satu hingga dua orang pasien. Di depan masing-masing kamar terdapat sebuah kursi yang berfungsi untuk menaruh makanan dan obat untuk meminimalisir petugas kontak langsung dengan pasien.

Penetapan Graha Wisata Ragunan sebagai lokasi isolasi sesuai dengan Keputusan Gubernur (Kepgub) nomor 979 tahun 2020 tentang Lokasi Isolasi Terkendali Milik Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang ditandatangani pada 22 September 2020. "Menetapkan Lokasi Isolasi Terkendali milik Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam rangka penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan daftar sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Gubernur ini," tulis Kepgub tersebut.

Daftar tiga lokasi isolasi yang telah disiapkan bagi pasien COVID-19 OTG adalah di:

1. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) yang beralamat di Jalan Kramat Jaya, Tugu Utara Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara.

2. Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah, yang beralamat di Jalan Raya TMII, Cipayung, Ceger, Kecamatan Cipayung, Kota Administrasi Jakarta Timur.

3. Graha Wisata Ragunan Komplek GOR Jaya Raya Ragunan, yang beralamat di Jalan Harsono RM, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Adapun untuk pembiayaan memenuhi fasilitas tempat isolasi, kata Anies, dibebankan pada APBD atau sumber lain yang sah sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Biaya yang diperlukan untuk pengelolaan Lokasi Isolasi Terkendali dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagaimana dimaksud dalam diktum KESATU, dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan/atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Anies dalam Kepgub tersebut.

Hingga saat ini, pihak gedung belum mendapatkan jadwal kapan kamar akan diisi oleh pasien. Diketahui gedung ini sebelumnya merupakan tempat penginapan yang biasa digunakan oleh pelajar dan mahasiswa dari daerah. (ari)

(Lihat Juga: Viral pembubaran aksi demo menggunakan helikopter dinilai berbahaya)

Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:01

Produser Film Vina Dilaporkan ke Polisi

Asosiasi Lawyer Muslim Indonesia (ALMI) mendatangi Bareskrim Mabes Polri Selasa (28/5/2024) guna melaporkan prosedur film ‘Vina Sebelum 7 hari’. 
img_title
30:44

Pegi Ditangkap, Mengapa Dua Buron "Raib"

Mengapa 3 orang yang masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO) berubah menjadi hanya satu orang? perlukah kasus ini ditelusuri dari awal, agar misteri hilangnya 2 DPO ini menjadi jelas? 
img_title
02:21

Kejati Jawa Barat Tunjuk 7 Jaksa untuk Kasus Vina dengan Berkas Satu Nama Tersangka

Tak ada lagi tersangka lain atau Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky Cirebon 2016 silam selain Pegi Setiawan. 
img_title
04:56

Kenakan Masker dan Hoodie Cokelat, Adik Kandung Pegi Alias Perong Diperiksa Polisi

Lusiana (20) adik kandung Pegi Setiawan alias Perong memenuhi panggilan Polres Cirebon Kota, Jawa Barat pada Selasa (28/5/2024) siang. 
img_title
00:55

Tidak Memiliki Dokumen, Puluhan Sapi Asal Jambi Ditolak Masuk ke Tanjungpinang

20 ekor sapi kurban ditolak masuk ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau karena tanpa dilengkapi dengan dokumen pemeriksaan kesehatan dari daerah asal. 
img_title
01:56

Polisi Geledah Kontrakan yang Pernah Disewa Pegi saat di Bandung

Penggeledahan yang dilakukan secara mendadak ini rupanya membuat Ise Iskandar, pemilik kontrakan kaget dan tidak percaya dengan kejadian tersebut karena Pegi dikenal sebagai orang yang baik dan jarang keluar rumah.
img_title
01:34

Kasus ‘Pembakaran’ Siswi SD di Padang Pariaman, Polisi Periksa 3 Siswa dan 3 Guru

Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Pariaman, Sumatera Barat memeriksa 3 siswa SD dan 3 orang guru dalam kasus terbakarnya siswa SD bernama Adelia. 
img_title
02:38

Berebut Kursi Gubernur Jawa Barat

Meski masih cair, namun pemilihan Gubernur Jawa Barat sudah diramaikan dengan sejumlah nama yang akan maju untuk bertarung. Hingga saat ini belum ada partai politik yang secara resmi mengusung calonnya.
img_title
07:23

Putra SYL Bantah Minta Rp200 Juta untuk Renovasi Kamar Pribadi

Anak mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Kemal Redindo Syahrul Putra, membantah telah meminta uang Rp200 juta kepada Kementerian Pertanian (Kementan) untuk renovasi kamar pribadi. 
img_title
04:42

Sederet Fakta Tragis Balita Sidoarjo Terlindas Fortuner Tetangga

Seorang balita berusia 2 tahun tewas terlindas mobil Fortuner tetangganya sendiri di di Perum Quality Riverside Blok B-03/05, Desa Gamping, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Sabtu (26/5/2024).
img_title
12:27

Gaya Nyentrik Guru SMK di Yogyakarta, Ngajar Pakai Baju Karya Murid

Seorang guru SMK di Yogyakarta yang akrab disapa dengan nama Pak Indra viral akhir-akhir ini dan menarik perhatian warganet karena tampilannya yang nyentrik. 
img_title
13:34

Produser Film Vina: Keuntungan dari Film ini Akan Diberikan Kepada Keluarga

Kesuksesan Film Vina: Sebelum 7 Hari terus melejit seiring dengan jumlah penonton yang semakin bertambah setiap harinya. 
img_title
03:57

Tim Kuasa Hukum Keluarga Vina Cek TKP

Usai mendampingi pemeriksaan dari teman Vina yaitu Linda di Polres Cirebon Kota , kuasa hukum dari Vina yang merupakan kuasa hukum Linda mengecek langsung lokasi penemuan jenazah Vina dan Eky. 
img_title
00:53

Mendag Usul Minyakita Naik Menjadi Rp15.500

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan akan mengusulkan kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) Minyak Kita menjadi 15.500 rupiah per liter. 
img_title
01:18

Gazalba Saleh Lolos Lagi Dari Jerat Hukum

Hakim Agung non aktif Gazalba Saleh lagi-lagi lolos dari jerat hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 
img_title
01:49

Novel Baswedan CS Gugat UU KPK Soal Batas Usia Pimpinan KPK Ke MK

Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Novel Baswedan mengajukan judicial review Undang-Undang (UU) KPK terkait batas usia pimpinan KPK. 
img_title
01:06

Respon Bobby Nasution Soal Wacana Ahok Maju di Pilgub Sumut

Walikota Medan Bobby Afif Nasution merespon munculnya nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang digadang-gadang maju di Pilgub Sumut 2024.
img_title
02:28

Prabowo Terima Kunjungan Pengusaha Dubai, Bahas Soal Potensi Pariwisata

Presiden terpilih Prabowo Subianto yang juga Menteri Pertahanan RI menerima kunjungan investor asal Dubai di Kementerian Pertahanan.
img_title
06:32

Kuasa Hukum: Banyak Saksi Melihat Pegi di Bandung Saat Kejadian

Teman Pegi, Suharsono, mengungkap keberadaan pegi saat pembunuhan Vina 27 Agustus 2016 silam.
Jangan Lewatkan
Norwegia, Irlandia, Spanyol Resmi Akui Negara Palestina

Norwegia, Irlandia, Spanyol Resmi Akui Negara Palestina

Norwegia, Irlandia dan Spanyol pada Selasa secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara.
IKN Miliki Kereta Otonom Tanpa Rel, Menhub : Uji Coba Bulan Agustus

IKN Miliki Kereta Otonom Tanpa Rel, Menhub : Uji Coba Bulan Agustus

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa uji coba proyek kereta otonom tanpa rel atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, bakal dilakukan pada Agustus 2024.
Kunjungan Wisata di Masjid Sheikh Zayed Solo Meningkat Awal Musim Haji

Kunjungan Wisata di Masjid Sheikh Zayed Solo Meningkat Awal Musim Haji

Tingkat kunjungan wisata di Masjid Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah, pada awal musim haji 2024 meningkat dibanding hari-hari biasa
Dihadapan Negara-negara Uni Eropa, Indonesia Tunjukan Sikap Bela Palestina

Dihadapan Negara-negara Uni Eropa, Indonesia Tunjukan Sikap Bela Palestina

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mendesak negara-negara Eropa untuk mendorong implementasi two-state solution guna mengatasi konflik Palestina-Israel.
Kaget Berangkat ke Tanah Suci Setelah Didaftarkan Diam-Diam oleh Sang Anak, Calon Haji Tertua Kota Ambon Mengatakan Hal Ini

Kaget Berangkat ke Tanah Suci Setelah Didaftarkan Diam-Diam oleh Sang Anak, Calon Haji Tertua Kota Ambon Mengatakan Hal Ini

Calon Haji tertua kota Ambon, Langkono Bin La Aji (84), didaftarkan anak mewujudkan mimpi berangkat ke Tanah Suci.
Angkutan Haji di Bandara Hang Nadiem Dipastikan Aman dan Lancar

Angkutan Haji di Bandara Hang Nadiem Dipastikan Aman dan Lancar

Ditektorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan, memastikan kelancaran dan keamanan angkutan jamaah calon haji Embarkasi Batam dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Jeddah, Arab Saudi.
2 Pemain Timnas Indonesia Ini Berpotensi Hadapi Manchester United di Liga Europa Musim Depan

2 Pemain Timnas Indonesia Ini Berpotensi Hadapi Manchester United di Liga Europa Musim Depan

Ada dua pemain Timnas Indonesia yang berpotensi menghadapi Manchester United jika jadi pindah ke klub-klub yang bakal bermain di Liga Europa pada musim depan.
Gempa 6,2 Magnitudo Melanda Aceh, Ini Kata Mensos Risma

Gempa 6,2 Magnitudo Melanda Aceh, Ini Kata Mensos Risma

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengungkapkan hingga saat ini belum ada laporan terkait kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo yang terjadi di pantai barat Kabupaten Simeulue, Aceh, Selasa sekitar pukul 19.00 WIB.
Bursa Pilkada 2024 Banten, PDIP Beri Sinyal Gaet Airin Rachmi Diany

Bursa Pilkada 2024 Banten, PDIP Beri Sinyal Gaet Airin Rachmi Diany

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan kubunya masih melakukan penjaringan calon-calon potensial untuk diusung di Pilkada Banten 2024.
Peran Ayah Pegi di Kasus Vina Cirebon Terungkap, Pengamat Desak Panglima TNI Tarik Anggota Puspom dari Kejagung

Peran Ayah Pegi di Kasus Vina Cirebon Terungkap, Pengamat Desak Panglima TNI Tarik Anggota Puspom dari Kejagung

Peran ayah Pegi di kasus Vina Cirebon terungkap dan pengamat desak Panglima TNI menarik anggota Puspom dari Kejagung adalah dua berita paling banyak dibaca.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
06:30 - 08:30
Apa Kabar Indonesia Pagi
08:30 - 09:30
Kabar Utama Pagi
09:30 - 10:00
Hidup Sehat
10:00 - 10:30
Inspirasi Pagi
Selengkapnya