LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Cianjur | tvOne

Sabtu, 3 Oktober 2020

Jakarta, Klik Disini - Ratusan rumah warga di tiga desa Cianjur Jawa Barat (Jabar) terendam banjir. Tiga desa tersebut yakni desa Sindang Sari, desa Karya Mukti dan desa Pusaka Sari. Warga sempat panik saat air masuk ke rumah ketika mereka sedang tidur. Air menghanyutkan barang-barang yang ada di dalam rumah. Menurut warga, hujan sejak sore hingga malam hari turun dan mengakibatkan air sungai Cisokan meluap. Banjir ini  baru pertama kali terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Provinsi Jawa Barat mencatat ratusan rumah di empat kecamatan di wilayah selatan kabupaten itu terendam banjir, sehingga seratusan kepala keluarga terpaksa mengungsi. Sekretaris BPBD Cianjur Irfan Sopyan saat dihubungi di Cianjur Sabtu (3 Oktober 2020), mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan terkait jumlah rumah yang terendam akibat banjir. Banjir bandang terjadi di empat kecamatan, yakni Kecamatan Leles, Cijati, Sindangbarang dan Agrabinta, namun banjir terparah terjadi di Kecamatan Leles. "Ketinggian air mencapai 2 meter merendam sebagian besar rumah warga di Desa Pusakasari, Desa Karyamukti, Desa Sindangsari, dan Desa Nagasari, Kecamatan Leles. Kami masih menunggu kabar pasti katanya ada korban jiwa seorang ibu yang terbawa air bah," katanya.

Hingga saat ini, sebagian besar warga masih mengungsi meskipun air sudah mulai surut. Hanya pria yang sudah kembali untuk membersihkan rumah dari sampah dan lumpur yang disisakan banjir akibat meluapnya Sungai Cisokan yang membetang di Kecamatan Leles dan Cijati.

Pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan pendataan dan menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak banjir, namun data sementara yang diperoleh pihaknya dari Relawan Tangguh Bencana (Retana) Kecamatan Leles, rumah yang terendam lebih dari 200 rumah dengan ketinggian air mencapai 2 meter. "Banjir juga melanda Kecamatan Cijati dengan ketinggian air 80 centimeter, Kecamatan Sindangbarang dan Agrabinta. Namun warga tidak sampai mengungsi karena menjelang dini hari air yang sempat mengenangi perkampungan di wilayah tersebut mulai surut, namun warga diimbau tetap waspada," katanya.

Ia menyebutkan, banjir bandang setinggi 80 centimeter juga melanda Desa Muara Cikadu-Kecamatan Sindangbarang dan Desa Karangsari-Kecamatan Agrabinta. Banjir tersebut akibat meluapnya air sungai yang membentang di wilayah itu. Sebagian besar menjelang pagi air sudah mulai surut.

Banjir bandang yang melanda empat kecamatan di wilayah selatan tersebut, tambah dia, akibat meluapnya air sungai yang membentang di masing-masing wilayah setelah hujan turun deras dengan intensitas cukup lama. Sebagian besar perkampungan yang terendam terletak tidak jauh dari bantaran sungai. "Kami masih menunggu data pasti di lapangan berapa rumah yang terendam, termasuk berapa rumah yang rusak berat, sedang dan ringan. Untuk data sementara kemungkinan lebih dari 500 rumah yang terendam di empat kecamatan tersebut. Di rumah itu saja sampai masuk rumah setinggi paha. Kalau yang di kampung sebelah itu tinggi air sampai atap. Rencananya ibu mau mengungsi, takut ada banjir susulan," pungkasnya. (ari/ant)

(Lihat juga Sering Remehkan Corona, Trump Kena Batunya)

 

 

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:07

Keberangkatan 2 Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Tertunda Karena Sakit

Sebanyak dua jemaah yang mengalami sakit satu mengalami sakit anemia dan satunya masih didiagnosa dari kloter 7 Kabupaten Lamongan keberangkatannya ditunda.
img_title
03:49

18 Kloter Jemaah Haji Tiba di Madinah Hari Ini

Tercatat sudah 31 kotter dari Tanah Air yang sudah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Total sekitar ada 12.000 lebih jemaah haji Indonesia yang telah berada di Madinah.
img_title
08:35

Anak Buah SYL Ungkap Dana Fiktif untuk Perjalanan Dinas

Dirinya didakwa bersama dua eks anak buahnya, yakni Sekjen Kementan nonaktif Kasdi dan Direktur Kementan nonaktif M Hatta. Kasdi dan Hatta diadili dalam berkas perkara terpisah.
img_title
01:28

Basarnas Evakuasi Pendaki Gunung Andong Jatuh ke Jurang 150 M

Tim SAR gabungan menyelamatkan pendaki Gunung Andong yang jatuh ke jurang sedalam 150 meter. Korban diselamatkan dalam kondisi hidup.
img_title
01:58

Tampang Pembunuh Danramil Aradide Papua yang Berhasil Ditangkap

Salah satu terduga pembunuh Danramil 1703-4/Aradide Lettu (Anm) Oktovianus Sogalrey (OS) di Kabupaten Paniai, Papua Tengah ditangkap.
img_title
01:03

Porak-poranda banjir Bandang Terjang Sumatera Barat

Sebanyak 8 warga Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang kabupaten Agam menjadi korban ganasnya terjangan banjir lahar dingin Gunung Marapi.
img_title
01:46

Bupati Tanah Datar Tetapkan Masa Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Bupati Tanah Datar tetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari ke depan. Hingga saat ini di Tanah Datar jumlah korban meninggal sudah ditemukan 16 orang dan dalam pencarian masih 27 orang.
img_title
07:04

Organda Minta Pengawasan KIR Bus Pariwisata Ditingkatkan

Bus Trans Putra Fajar yang membawa rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok mengalami kecelakaan di Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (11/5/24). Bus ini sudah berusia tua dan izinnya telah kedaluwarsa.
img_title
05:04

Potensi Maju Pilgub Jakarta Lewat Jalur Independen Makin Sulit?

Pencalonan kepala daerah melalui jalur independen atau perseorangan pada Pilkada 2024 diperkirakan akan sepi peminat. 
img_title
05:40

Merasa Ada Kendala Pada Rem, Sopir Ceritakan Kronologi Sebelum Terjadi Kecelakaan

Sadira mengatakan peristiwa kecelakaan terjadi setelah maghrib dan bus akan melanjutkan perjalanan singgah ke rest area. Bus mengalami rem blong saat akan menurun.  
img_title
05:59

Pemakaman Korban Kecelakaan Maut Bus Diiringi Isak Tangis Keluarga

Proses penggalian pun dilakukan secara gotong-royong oleh petugas pemakaman dengan pengurus lingkungan tempat korban tinggal.
img_title
02:08

Pantauan di Madinah soal Kedatangan Calon Jemaah Haji 2024

Sekitar 7.200 jemaah haji yang akan diterbangkan dari Tanah Air pada hari ini. Sementara untuk penerbangan pertama, rencananya ada sekitar 300 yang tiba di Madinah.
img_title
01:12

Warga Kumandangkan Adzan, Dahsyatnya Lahar Dingin Marapi Menerjang Permukiman

Akibat tingginya intensitas hujan di kawasan Gunung Marapi, sejumlah daerah di Sumatera Barat dilanda lahar dingin Gunung Marapi.
img_title
03:01

RSUD Subang Telah Menyerahkan Jenazah ke Pihak Keluarga

img_title
00:52

5 Jenazah Siswa & 1 Guru akan Dikebumikan di TPU Parung Bingung

Enam makam korban kecelakaan maut bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok di Subang, Jawa Barat telah dipersiapkan di TPU Islam Parung Bingung Kota Depok Jawa Barat.
img_title
02:33

Analisa Sementara Polisi soal Penyebab Kecelakaan Maut Bus Pelajar

Usai melakukan olah TKP, Kakorlantas Polri menyatakan Polri saat ini masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan bus rombongan siswa SMK di Subang Jawa Barat.
img_title
01:49

Bencana Banjir Lahar Dingin Marapi, 4 Orang Tewas

Empat warga Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam meninggal dunia akibat lahar dingin Marapi.
img_title
01:18

Jemaah Calon Haji Kloter 1 Diberangkatkan ke Tanah Suci

Calon haji kloter 1 asal Bojonegoro diberangkatkan ke tanah suci dari asrama haji embarkasi Surabaya Sabtu (11/5/2024) malam.
img_title
14:22

Polisi Lakukan Olah TKP Kecelakaan Bus Siswa SMK Lingga Kencana

asca kecelakaan bus rombongan siswa SMK Depok di Ciater, Tim Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar dan Satlantas Polres Subang menggelar olah TKP, Minggu (12/5/2024) pagi hari ini.
Jangan Lewatkan
Diduga Suara Noken Dirampok, Kepala Suku Besar Suku Mee Marah Minta MK Beri Putusan Adil soal PHPU Pileg Papua Tengah

Diduga Suara Noken Dirampok, Kepala Suku Besar Suku Mee Marah Minta MK Beri Putusan Adil soal PHPU Pileg Papua Tengah

Kepala Suku Besar Suku Mee Provinsi Papua Tengah Melkias Keiya meminta Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan dengan adil perkara PHPU terkait hasil pemilihan legislatif (Pileg) di Provinsi Papua Tengah.
Buka-bukaan, Mayangsari Akhirnya Jujur Punya Rahasia Bikin Bambang Trihatmodjo Lengket Terus: Bangun Tidur....

Buka-bukaan, Mayangsari Akhirnya Jujur Punya Rahasia Bikin Bambang Trihatmodjo Lengket Terus: Bangun Tidur....

Mayangsari buka-bukaan ungkap rahasia yang bikin Bambang Trihatmodjo kepincut dengannya. Ternyata begini...
Selamatkan Aset Negara dari Penggarap, PN Sei Rampah Kembalikan 121 Hektare Lahan PTPN IV

Selamatkan Aset Negara dari Penggarap, PN Sei Rampah Kembalikan 121 Hektare Lahan PTPN IV

Tim Jurusita Pengadilan Negeri Sei Rampah sukses mengeksekusi lahan seluas 121 hektare milik PTPN IV Regional II dari tangan penggarap di Kebun Dolok Ilir, Kabupaten Serdangbedagai, Sumatera Utara, Senin (13/5/2024).
Bursa Pilkada Jawa Timur 2024, PDIP Akui Bidik Khofifah Indar Parawansa Maju Pilgub Jatim

Bursa Pilkada Jawa Timur 2024, PDIP Akui Bidik Khofifah Indar Parawansa Maju Pilgub Jatim

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi bursa Pilkada Jawa Timur 2024, dengan sejumlah nama calon gubernur dan calon wakil gubernur.
Ada Memar di Kepala Pria yang Ditemukan Pingsan dan Terikat di Semarang, Polisi Duga Korban Kekerasan

Ada Memar di Kepala Pria yang Ditemukan Pingsan dan Terikat di Semarang, Polisi Duga Korban Kekerasan

Polisi menemukan ada luka memar di kepala pria yang ditemukan pingsan dalam kondisi terikat dan terluka di Pinggir Sungai Jembatan Kali Babon, Semarang, Jawa Tengah
Viral Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana Depok saat Study Tour di Subang, DPRD Jakarta Desak Pemprov DKI Lakukan Langkah Ini

Viral Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana Depok saat Study Tour di Subang, DPRD Jakarta Desak Pemprov DKI Lakukan Langkah Ini

Anggota Komisi E DPRD DKI Jhonny Simanjuntak marah atas kelalaian sejumlah pihak buntut kecelakaan bus SMK Lingga Kencana Depok, saat study tour di Subang.
Agar Hidup Selalu Dikelilingi Rezeki dan Kesuksesan, Ternyata Caranya Gampang, Kata Ustaz Adi Hidayat Amalkan...

Agar Hidup Selalu Dikelilingi Rezeki dan Kesuksesan, Ternyata Caranya Gampang, Kata Ustaz Adi Hidayat Amalkan...

Ada cara yang perlu dilakukan jika ingin mendapatkan rezeki dan kesuksesan yang selalu menyertai dalam kehidupan, Ustaz Adi Hidayat ungkap cara amalannya begini
Pertemuan Gubernur Sumbar dan Kepala BMKG, Masyarakat Sumbar Diminta Jauhi Zona Merah Bencana

Pertemuan Gubernur Sumbar dan Kepala BMKG, Masyarakat Sumbar Diminta Jauhi Zona Merah Bencana

Imbauan itu disampaikan usai pertemuan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dengan Kepala BMKG, Prof Dwikorita Karnawati di Istana Gubernur Sumbar, Senin (13/5/2024).
Bacaan Al-Qur'an Surat Al-Kahf Ayat 41-45 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an Surat Al-Kahf Ayat 41-45 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an surat Al-Kahf Ayat 41-45 lengkap tulisan Arab, latin, dan artinya.
Buntut Penerapan Kelas Rawat Inap Standar, BPJS Watch Sentil Kemenkes untuk Lakukan Ini

Buntut Penerapan Kelas Rawat Inap Standar, BPJS Watch Sentil Kemenkes untuk Lakukan Ini

Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar mengingatkan bahwa otoritas kesehatan untuk menjamin akses ruang perawatan peserta JKN seiring penerapan KRIS.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Menyingkap Tabir
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
01:00 - 01:30
Trust
Selengkapnya