Tutup Menu
LIVESTREAM

KERAS! KPK Bantah Isu Pemecatan 75 Pegawai | tvOne

Kamis, 6 Mei 2021
Oleh :

Jakarta, Klik Disini - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membenarkan sebanyak 75 pegawai tidak lulus Asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes tersebut merupakan salah satu syarat alih status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, lembaga antikorupsi membantah isu yang menyebut 75 nama yang tidak memenuhi syarat dalam Asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bakal dipecat.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan, sampai saat ini tidak ada pemecatan bagi 75 pegawainya yang tidak memenuhi syarat dalam tes wawasan kebangsaan. Tes tersebut bagian dari proses peralihan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). "Saya ingin katakan sampai hari ini KPK tidak pernah menegaskan dan menyampaikan ada proses pemecatan. KPK juga tidak pernah berbicara memberhentikan orang dengan tidak hormat, KPK juga tidak pernah berbicara tentang pegawai yang diberhentikan dengan hormat, tidak ada," ucap Firli saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5 Mei 2021).

Lebih lanjut, Firli mengatakan, lembaganya tunduk pada undang-undang sehingga sampai saat ini tidak niatan untuk memecat pegawai. "Karena KPK sangat paham, KPK pelaksana undang-undang, pelaksana peraturan undang-undang dan menjalankan secara selurus-lurusnya. Kami tunduk pada undang-undang sehingga sampai hari ini belum ada niat kesempatan ataupun keinginan melakukan pemecatan terhadap pegawai," kata Firli.

Sementara itu, Sekjen KPK Cahya H Harefa akan menerbitkan surat keputusan penetapan terhadap hasil asesmen tes wawasan kebangsaan untuk disampaikan kepada pegawai yang dinyatakan memenuhi syarat maupun tidak memenuhi syarat. KPK, kata Cahya, akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait tindak lanjut terhadap 75 pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat tersebut.

Selama belum ada penjelasan dari Kemenpan RB dan BKN, ia mengatakan KPK tidak akan memberhentikan 75 pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat tersebut. "Perlu kami tegaskan bahwa KPK sampai saat ini tidak pernah menyatakan melakukan pemecatan terhadap pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sampai dengan keputusan lebih lanjut sesuai dengan perundang-undangan terkait ASN," ujar Cahya.

Sebelumnya, KPK telah mengumumkan hasil tes 1.351 pegawainya yang mengikuti tes wawasan kebangsaan yang dilakukan BKN, yakni memenuhi syarat (MS) sebanyak 1.274 orang, tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 75 orang, dan pegawai yang tidak hadir wawancara sebanyak dua orang.

KPK sendiri bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam menggelar tes wawasan kebangsaan bagi seluruh pegawai tetap dan pegawai tidak tetap KPK yang menjadi salah satu rangkaian proses alih stasus tersebut. Adapun materi dalam asesmen wawasan kebangsaan, yaitu integritas berbangsa untuk menilai konsistensi perilaku pegawai apakah sesuai dengan nilai, norma, dan etika organisasi dalam berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya, netralitas ASN untuk menilai ketidakberpihakan pegawai pada segala bentuk pengaruh manapun dan pihak siapapun. Terakhir, antiradikalisme untuk menilai kesetiaan pegawai terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan pemerintah yang sah. (ari/ant)

(Lihat juga Lukis Gambar Masker di Wajah, WNA Rusia Dideportasi dari Bali)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Jangan Lewatkan
Pasien Positif Covid-19 di Kendari Terus Bertambah

Pasien Positif Covid-19 di Kendari Terus Bertambah

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Kendari, per tanggal 23 Juni terdapat penambahan 46 pasien hingga total yang terkonfirmasi menjadi 197 orang.
Polisi Ringkus Pembunuh Pemulung di Pasar Tasikmalaya

Polisi Ringkus Pembunuh Pemulung di Pasar Tasikmalaya

Satreskrim Polresta Tasikmalaya berhasil menangkap seorang pria terduga pelaku pembunuhan di kompleks Pasar HPKP Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.
Belanda Tanpa Luuk de Jong di Sisa Euro 2020 Akibat Cedera

Belanda Tanpa Luuk de Jong di Sisa Euro 2020 Akibat Cedera

Penyerang timnas Belanda Luuk de Jong terpaksa mengakhiri kiprahnya di ajang Piala Eropa 2020 setelah mengalami cedera lutut dalam sesi latihan, kata asosiasi sepak bola Belanda (KNVB) dalam sebuah pernyataan.
Mantan Direktur Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno Divonis 8 Tahun Penjara

Mantan Direktur Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno Divonis 8 Tahun Penjara

Hadinoto Soedigno divonis 8 tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider 3 bulan kurungan karena terbukti menerima suap dan pencucian uang terkait pengadaan pesawat.
Taman Mini Indonesia Indah Tutup Sementara Layanan Operasional

Taman Mini Indonesia Indah Tutup Sementara Layanan Operasional

Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menutup sementara layanan operasional sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan, untuk pengunjung mulai Rabu siang.
Pembatasan Mobilitas Jakarta Tidak Berlaku Bagi Ojek Daring

Pembatasan Mobilitas Jakarta Tidak Berlaku Bagi Ojek Daring

Pembatasan mobilitas di 10 ruas jalan Jakarta pada pukul 21.00-04.00 WIB tidak berlaku bagi ojek daring (ojek online/ojol).
Sejumlah Kantor di Jakarta Terapkan PPKM Mikro

Sejumlah Kantor di Jakarta Terapkan PPKM Mikro

Sejumlah kantor di DKI Jakarta telah menerapkan PPKM Mikro, dengan tidak mempekerjakan di kantor sebagian besar pekerjanya.
Gubernur Aceh Kembali Perpanjang PPKM Berbasis Mikro

Gubernur Aceh Kembali Perpanjang PPKM Berbasis Mikro

Gubernur Aceh Nova Iriansyah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro untuk pengendalian penyebaran COVID-19.
Harga Sapi Kurban Mulai Naik

Harga Sapi Kurban Mulai Naik

Di pasar hewan di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, berbagai jenis sapi jantan kualitas kurban mulai mengalami lonjakan harga.
Industri Pengolahan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara

Industri Pengolahan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara

Pertumbuhan ekonomi Maluku Utara di kuartal I-2021 mencapai angka 7%. Peningkatan ekonomi ini, tidak terlepas dari hadirnya industri pengolahan mineral logam yang berada di tiga daerah .
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
02:30 - 03:00
Kabar Hari Ini
03:00 - 03:30
Buru Sergap
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
Selengkapnya