Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya
Artikel
Curug Citambur di Kecamatan Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat, akan mendapat penataan guna menjaring wisatawan mancanegara. (ANTARA/Ahmad Fikri)
Sumber :
  • antara

Rekomendasi Empat Wisata AIr Terjun di Jawa Barat yang Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Minggu, 15 Mei 2022 - 15:26 WIB

Bandung, Jawa Barat - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memperkenalkan empat wisata air terjun atau curug unggulan yang dapat menjadi daya pikat atau magnet bagi wisatawan untuk berwisata di Jawa Barat, Minggu 15/5.
 
"Keindahan alam di Jawa Barat memancarkan sejuta pesona yang memikat. Di antara kekayaan geografis di Jabar, air terjun atau curug menjadi salah satu magnet wisata unggulan di Jabar," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar di Bandung, Minggu.
 
Benny menuturkan alasan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat merekomendasikan empat wisata air terjun atau curug tersebut agar bisa dijadikan acuan tujuan bagi para wisatawan untuk menghabiskan libur akhir pekan saat ini.
 
Keempat curug unggulan tersebut, kata Benny, ialah pertama Curug Malela yang berada di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.
 
Curug ini memiliki lebar 55 meter dengan tinggi 60 meter, karena kemegahannya tak jarang Malela kerap disebut kembaran air terjun Niagara dari Bandung.
 
Benny mengatakan Geolog Titi Bachtiar menulis dalam bukunya, Bandung Purba, bahwa kata 'malela' merupakan ungkapan rasa kagum masyarakat di Tatar Sunda untuk sesuatu yang lebih dari biasanya.
 
Curug ini berundak-undak, tentunya akan memikat mata ketika debit airnya tinggi di musim penghujan. Guyuran air yang jatuh, seperti tirai putih yang menutupi bebatuan lempung yang usianya jutaan tahun.
 
Sebenarnya, Curug Malela merupakan satu dari tujuh curug yang berada di Desa Cicadas, Rongga, Bandung Barat. Di sana ada Curug Katumbiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan Curug Pameungpeuk.
 
Curug unggulan yang kedua ialah Curug Cimahi atau yang populer disebut Curug Pelangi memiliki tinggi 80 meter.
 
Air yang terjun dari curug ini, berasal dari Situ Lembang, yang mengairi wilayah Kota Cimahi dan sekitarnya.
 
Nama Curug Cimahi sendiri berasal dari kata 'ci' atau air dan 'mahi' yang berarti cukup dalam bahasa Sunda.
 
Menurut Benny secara administratif Curug Cimahi berada di Desa Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.
 
Untuk dapat tiba ke Curug Cimahi, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum, traveler bisa menuju Lembang dan naik angkot jurusan Lembang - Cisarua.
 
Ratusan anak tangga yang menurun akan menyapa traveler setelah menjejakkan kaki melewati pos karcis Curug Cimahi atau yang kini dikenal sebagai Curug Pelangi.
 
Memang, perlu perjuangan ekstra untuk menikmati kesegaran curug setinggi 80 meter ini secara langsung. Wisatawan juga perlu berhati-hati saat menapaki anak tangga, khususnya saat musim hujan.


 
Di sini, wisatawan juga bisa menyaksikan kawanan kera ekor panjang (Macaca fascicularis) yang bergelantungan di pepohonan dari alam yang masih alami di sekitar curug.
 
Sesampainya di dasar Curug Cimahi, wisatawan bisa langsung menikmati segarnya danau. Tapi, ada larangan untuk berenang di sana karena kedalaman danau mencapai dua meter lebih.
 
Yang ketiga ialah Curug Citambur di Cianjur Selatan.
 
Benny mengatakan konon, nama Citambur dihubungkan dengan legenda setempat, yakni Prabu Tanjung Sanghyang Anginan yang kerap mengunjungi tempat tersebut untuk bersuci dan bersemedi.
 
Kedatangan sang prabu dIikuti oleh pengikutnya yang menabuh alat musik tambur atau dogdog yang bunyinya terdengar hingga ke pelosok desa.
 
Cerita lainnya, nama Citambur berasal dari suara deburan air dari atas tebing yang menghujam bebatuan di bawahnya sehingga menimbulkan bunyi seperti suara tambur.
 
Entah mana yang benar, yang jelas Pasir Angin menjadi nama sebuah desa yang berdampingan dengan Desa Karangjaya.
 
Destinasi wisata ini terletak di Cianjur Selatan, tepatnya di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda. Air terjun ini memiliki tinggi 100 meter, yang membuatnya menjadi curug tertinggi di Jawa Barat dan ketujuh tertinggi di Indonesia.
 
Kontur air terjun yang bertingkat-tingkat berbaur serasi dengan rindangnya pepohonan.
 
Air yang turun dari mata air wilayah Resort Pemangkuan Hanyawar Timur 2 itu sangat jernih. Namun, pengunjung tak disarankan berenang di sana, mengingat derasnya air dan curamnya bebatuan.
 
Untuk sampai di Curug Citambur, disarankan menggunakan kendaraan pribadi dengan kondisi prima, sebab akses jalanan disana yang sempit dan juga berbatuan.
 
Walau kondisi jalanan yang tidak begitu bagus, pemandangan Curug Citambur yang indah dapat membayar itu semua.
 
Yang keempat ialah Curug Cikaso yang berada di Kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi.
 
Air jernih yang mengalir dari tiga curug yang meluncur ke kolam hijau kebiru-biruan, memberikan ketenangan.
 
Air terjun atau Curug Cikaso ini memiliki tinggi sekitar 80 meter dengan lebar sekitar 100 meter, aliran air yang mengalir di antara celah-celah bebatuan sungai menambah pesona tempat ini.
 
Curug Cikaso ini memiliki tiga jalur air terjun yang masing-masing mempunyai nama, yakni Curug Asepan, Curug Meong dan Curug Aki yang tumpah ke kolam besar yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air di area sungai yang dangkal.
 
Keindahan Curug Cikaso sayang untuk dilewatkan begitu saja, wisatawan bisa berburu foto di sini dengan pemandangan dua aliran terjun yang berdiri megah.

Jangan lupa untuk membawa baju ganti, karena wisatawan pasti tergoda untuk basah-basahan di sini.
 
Aktivitas wisata lainnya, wisatawan bisa menyusuri Sungai Cikaso yang mengalir setelah kolam.

Di sini wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam kawasan hutan tropis dengan tebing-tebing menjulang yang memanjakan mata.
 
Secara administrasi, Curug Cikaso ini terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
 
Dari pusat Kota Sukabumi, curug ini berjarak kurang lebih 70 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam hingga dua jam perjalanan.
 
Akses jalan menuju wilayah Cikaso cukup baik, tetapi dari jalan utama dan parkiran kendaraan, wisatawan masih perlu melakukan treking sekitar 100 meter.
 
Harga tiket untuk masuk ke kawasan Curug Cikaso pun masih murah meriah yakni sekitar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu.

Itulah, rekomendasi empat wisata air terjun di jawa barat yang jadi destinasi wisata unggulan. (ant/ind)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Takluk Dari As Roma di Partai Final UECL Pelatih Feyenoord Sebut Timnya Kurang Beruntung

Takluk Dari As Roma di Partai Final UECL Pelatih Feyenoord Sebut Timnya Kurang Beruntung

Meski tampil dominan pelatih Feyenoord Arne Slot mengatakan jika timnya kurang beruntung pada partai final Liga Conference 2021/22 usai dikalahkan AS Roma 0-1.
Kepincut SKill Pemain Timnas Voli Dapat Tawaran Bermain Di Liga Vietnam, Usai Tampil Perkasa Di SEA Games

Kepincut SKill Pemain Timnas Voli Dapat Tawaran Bermain Di Liga Vietnam, Usai Tampil Perkasa Di SEA Games

Salah satu pemain timnas voli dapat tawaran bermain di liga voli Vietnam, Setelah tampil perkasa dan meraih emas mengalahkan Vietnam 3-0 di SEA Games 2021.
Elina Soka Terima Pinangan PSIM Yogyakarta

Elina Soka Terima Pinangan PSIM Yogyakarta

PSIM Yogyakarta kembali mendatangkan pemain anyar untuk kompetisi musim 2022/2023. Kali ini giliran Elina Soka yang diperkenalkan oleh manajemen Laskar Mataram kepada publik.
Sifat Asli Soekarno Dibongkar Yurike Sanger, Mantan Istrinya itu Bicara Soal Kekuatan Gaib Soekarno

Sifat Asli Soekarno Dibongkar Yurike Sanger, Mantan Istrinya itu Bicara Soal Kekuatan Gaib Soekarno

Adapun Yurike Sanger tak memungkiri banyak masyarakat di Indonesia hingga saat ini yang kagum pada sosok Soekarno.
Potensi Kecelakaan Meningkat, Polisi di Gresik Tindak Tegas Pelanggar Lalu Lintas

Potensi Kecelakaan Meningkat, Polisi di Gresik Tindak Tegas Pelanggar Lalu Lintas

Mengantipasi meningkatnya kecelakaan, Satlantas Polres Gresik gencar melakukan operasi lalu lintas disejumlah titik rawan kecelakaan di wilayah hukum Gresik.
Emas Jatuh 19,1 Dolar AS Karena

Emas Jatuh 19,1 Dolar AS Karena "Greenback" Menguat

Emas merosot pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB) karena aksi ambil untung setelah dolar bangkit dari level terendah 1 bulan di tengah stabilisasi imbal hasil obligasi pemerintah AS dan menjelang rilis risalah pertemuan kebijakan terakhir Federal Reserve.
Trending
Bupati Tapin Tidak Izinkan Usaha Karaoke Ataupun Tempat Hiburan Malam

Bupati Tapin Tidak Izinkan Usaha Karaoke Ataupun Tempat Hiburan Malam

Bupati Tapin H.M. Arifin Arpan tidak mengizinkan usaha karaoke ataupun tempat hiburan malam (THM) di daerahnya yang merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan. "Tidak ada izin dari pemerintah daerah untuk usaha karaoke ataupun THM," kata Bupati Tapin Arifin Arpan di Rantau, Rabu (25/5).
Tundukan Feyenoord 1-0 AS Roma Juara UEFA Conference League 2021/22

Tundukan Feyenoord 1-0 AS Roma Juara UEFA Conference League 2021/22

As Roma berhasil menang pada partai final UEFA Conference League usai mengalahkan Feyenoord 1-0. Hasil Tersebut menjadikan Roma sebagai juara UECL edisi pertama
Cerita Kakek 67 Tahun di Sumedang yang Batal Berangkat Haji, Padahal Sudah Suntik Vaksin 7 Kali

Cerita Kakek 67 Tahun di Sumedang yang Batal Berangkat Haji, Padahal Sudah Suntik Vaksin 7 Kali

Pembatasan Usia maksimal 65 tahun bagi calon jemaah haji, membuat para calon haji usia senja pasrah lantaran batal berangkat pada musim haji 2022.
Diduga Jual Kulit Harimau Sumatera, Mantan Bupati Bener Meriah Dibekuk Petugas Gabungan

Diduga Jual Kulit Harimau Sumatera, Mantan Bupati Bener Meriah Dibekuk Petugas Gabungan

Masyarakat kabupaten Bener Meriah dihebohkan dengan kabar penangkapan mantan Bupati setempat bernisial AH dibekuk petugas gabungan dari Polda Aceh dan Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum dan Kehutanan Wilayah Sumatera (Balai Gakkum).
Polresta Cirebon Gerebek Markas Genk Motor, Sembilan Orang Diamankan 1 Diantaranya Siswi SMP

Polresta Cirebon Gerebek Markas Genk Motor, Sembilan Orang Diamankan 1 Diantaranya Siswi SMP

Maraknya aksi tawuran dan sering meresahkan masyarakat, petugas kepolisian dari Polresta Cirebon menggerebek markas geng motor di Desa Karangwangun, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon. Saat penggerebekan, petugas memergoki sejumlah anggota geng motor tengah berpesta minuman keras (miras) oplosan.
Emas Jatuh 19,1 Dolar AS Karena

Emas Jatuh 19,1 Dolar AS Karena "Greenback" Menguat

Emas merosot pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB) karena aksi ambil untung setelah dolar bangkit dari level terendah 1 bulan di tengah stabilisasi imbal hasil obligasi pemerintah AS dan menjelang rilis risalah pertemuan kebijakan terakhir Federal Reserve.
Virgil van Dijk Pastikan Bermain Pada Partai Final Liga Champions Melawan Real Madrid

Virgil van Dijk Pastikan Bermain Pada Partai Final Liga Champions Melawan Real Madrid

Jelang partai final Liga Champions menghadapi Real Madrid, Bek Liverpool Virgil van Dijk mengatakan jika dirinya berada dalam kondisi bugar dan siap bermain.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Pagi
08:00 - 09:00
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat
10:00 - 10:30
Coffee Break
10:30 - 11:00
Sidik Jari
11:00 - 13:00
Kabar Siang
Selengkapnya