Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya
Eks Ajudan Jadi Kapolri

Eks Ajudan Jadi Kapolri

Jumat, 29 Januari 2021

Selasa (27/1) adalah hari yang bersejarah bagi Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Ia resmi menjadi orang nomor satu di tubuh Kepolisian Republik Indonesia. Listyo dilantik untuk menggantikan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun.


Listyo Sigit adalah calon tunggal yang disodorkan oleh Presiden Jokowi ke DPR RI. DPR lalu secara resmi menyetujui pengangkatan Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia pada Rapat Paripurna DPR RI Ke-12 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020–2021 di Senayan, Jakarta, Kamis (21/1).


Dalam gelar uji kelayakan dan kepatutan, Listyo yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Bareskrim Polri mengemukakan visinya sebagai calon Kapolri. Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan delapan komitmen yang akan dibawanya untuk mereformasi institusi kepolisian.


Ada pun delapan komitmen tersebut antara lain menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsif, transparan, dan berkeadilan; Menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional; Menjaga soliditas internal Kepolisian; Meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri; Mendukung terciptanya inovasi dan kreativitas yang mendorong kemajuan ekonomi Indonesia; Menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan; serta setia kepada NKRI dan senantiasa merawat kebhinekaan.


Menanggapi hal tersebut, pegiat HAM Haris Azhar mengatakan bahwa banyak pihak menantikan realisasi janji-janji tersebut di lapangan. Sebab menurutnya banyak anggota Polri di tingkat Polres dan Polsek justru menjadi alat dari para penguasa bisnis. Hal ini tentu kontradiktif dari cita-cita Kapolri baru untuk menciptakan kondisi hukum yang adil bagi semua warga negara.


"Berani nggak, mewujudkan statement-statement indah yang tadi dipresentasikan?" tanya Haris. Ia juga mengingatkan bahwa hingga kini banyak kasus kekerasan terhadap mahasiswa dan kelompok oposisi yang belum tuntas. Haris bahkan mengatakan belum mendengar komitmen Listyo terkait penegakan hukum dengan prinsip non-diskriminatif.
"Kalau dari kelompok penguasa yang salah, berani nggak melakukan penegakan hukum? Hal-hal seperti itu juga penting," tantang Haris.


Karir Komjen Listyo sangat gemilang. Listyo pernah menjabat sebagai Kapolres Pati, Jawa Tengah. Dari Pati, Listyo kemudian menduduki posisi Wakil Kepala Polrestabes Kota Semarang. Kemudian menjadi Kapolres Solo. Karirnya mulai meroket saat ia dirotasi ke ibu kota pada tahun 2012 sebagai Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri, dimana saat itu Presiden Jokowi tengah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.


Pada Mei 2013, ia meninggalkan ibu kota karena mendapat tugas baru sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara. Setahun berselang, Listyo kembali lagi ke ibu kota dan ditunjuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi. Dua tahun kemudian atau pada Oktober 2016, dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat Brigadir Jenderal.


Agustus 2018, mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyematkan pangkat inspektur jenderal untuknya di Mabes Polri. Karirnya semakin meroket karena tak lama kemudian, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri. Sebelum menjadi Kapolri, Listyo juga pernah menjabat sebagai Kepala Bareskrim Polri sejak Desember 2019.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Dituding Menganiaya Karyawan Restoran Mai Cenggo, Benny K Harman Ungkap Kronologis

Dituding Menganiaya Karyawan Restoran Mai Cenggo, Benny K Harman Ungkap Kronologis

Anggota Komisi III Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman dituding menganiaya karyawan restoran Mai Cenggo di Labuan Bajo, NTT. Video penganiayaannya itu viral
Gery Mengaku Dapat Sabu Sejak Bulan Maret Dari Seseorang Inisial P

Gery Mengaku Dapat Sabu Sejak Bulan Maret Dari Seseorang Inisial P

Beberapa hari menjalani pemeriksaan berkala, sejak ditangkap pada Senin 23 Mei lalu, Gery Iskak kembali menjalani pemeriksaan hari ini, Kamis (26/05/22). Gery dan 4 temannya diperiksa di Ditresnarkoba Polda Jabar, ada beberapa kemajuan dalam kasus narkoba yang menjerat artis senior ini.
Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran, Benny K Harman Akui Dorong Muka

Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran, Benny K Harman Akui Dorong Muka

Benny membantah menganiaya karyawan restoran seperti yang dituduhkan, tetapi dia mengakui telah mendorong muka karyawan resto Mai Cenggo, Labuan Bajo, NTT.
Pembelaan Wasekjen Demokrat saat Benny K Harman Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran

Pembelaan Wasekjen Demokrat saat Benny K Harman Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran

Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon membela anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman yang dituduh menganiaya karyawan restoran Mai Cenggo di Labuan Bajo
Seorang Pemuda yang Hanyut di Sungai Batanghari Ditemukan Meninggal Dunia

Seorang Pemuda yang Hanyut di Sungai Batanghari Ditemukan Meninggal Dunia

Setelah dilakukan pencarian hingga malam hari, seorang pemuda bernama Dani Nurdiansyah (23) warga RT 04 Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari, Jambi yang hanyut di Sungai Batanghari ditemukan mengapung dan meninggal dunia tidak jauh dari lokasi kejadian.
UMKM Harus Bisa Memanfaatkan Sistem Daring untuk Pasarkan Produknya

UMKM Harus Bisa Memanfaatkan Sistem Daring untuk Pasarkan Produknya

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan sistem daring untuk promosikan dan pasarkan produknya.
Ribuan Hektare Lahan Tambak di Brebes Teredam Banjir Rob, Kerugian Capai Rp8,34 Miliar

Ribuan Hektare Lahan Tambak di Brebes Teredam Banjir Rob, Kerugian Capai Rp8,34 Miliar

Banjir rob yang menerjang kawasan pesisir pantai utara Kabupaten Brebes telah merugikan para petani tambak, ribuan hektar lahan tambak terendam selama banjir rob berlangsung sejak beberapa hari terakhir. Dari data sementara yang tercatat di Dinas Perikanan Kabupaten Brebes sebanyak 3.930 Ha lahan tambak terendam.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
03:00 - 03:30
Kabar Utama
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
Selengkapnya