Tutup Menu
LIVESTREAM
Eks Ajudan Jadi Kapolri

Eks Ajudan Jadi Kapolri

Jumat, 29 Januari 2021

Selasa (27/1) adalah hari yang bersejarah bagi Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Ia resmi menjadi orang nomor satu di tubuh Kepolisian Republik Indonesia. Listyo dilantik untuk menggantikan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun.


Listyo Sigit adalah calon tunggal yang disodorkan oleh Presiden Jokowi ke DPR RI. DPR lalu secara resmi menyetujui pengangkatan Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia pada Rapat Paripurna DPR RI Ke-12 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020–2021 di Senayan, Jakarta, Kamis (21/1).


Dalam gelar uji kelayakan dan kepatutan, Listyo yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Bareskrim Polri mengemukakan visinya sebagai calon Kapolri. Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan delapan komitmen yang akan dibawanya untuk mereformasi institusi kepolisian.


Ada pun delapan komitmen tersebut antara lain menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsif, transparan, dan berkeadilan; Menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional; Menjaga soliditas internal Kepolisian; Meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri; Mendukung terciptanya inovasi dan kreativitas yang mendorong kemajuan ekonomi Indonesia; Menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan; serta setia kepada NKRI dan senantiasa merawat kebhinekaan.


Menanggapi hal tersebut, pegiat HAM Haris Azhar mengatakan bahwa banyak pihak menantikan realisasi janji-janji tersebut di lapangan. Sebab menurutnya banyak anggota Polri di tingkat Polres dan Polsek justru menjadi alat dari para penguasa bisnis. Hal ini tentu kontradiktif dari cita-cita Kapolri baru untuk menciptakan kondisi hukum yang adil bagi semua warga negara.


"Berani nggak, mewujudkan statement-statement indah yang tadi dipresentasikan?" tanya Haris. Ia juga mengingatkan bahwa hingga kini banyak kasus kekerasan terhadap mahasiswa dan kelompok oposisi yang belum tuntas. Haris bahkan mengatakan belum mendengar komitmen Listyo terkait penegakan hukum dengan prinsip non-diskriminatif.
"Kalau dari kelompok penguasa yang salah, berani nggak melakukan penegakan hukum? Hal-hal seperti itu juga penting," tantang Haris.


Karir Komjen Listyo sangat gemilang. Listyo pernah menjabat sebagai Kapolres Pati, Jawa Tengah. Dari Pati, Listyo kemudian menduduki posisi Wakil Kepala Polrestabes Kota Semarang. Kemudian menjadi Kapolres Solo. Karirnya mulai meroket saat ia dirotasi ke ibu kota pada tahun 2012 sebagai Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri, dimana saat itu Presiden Jokowi tengah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.


Pada Mei 2013, ia meninggalkan ibu kota karena mendapat tugas baru sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara. Setahun berselang, Listyo kembali lagi ke ibu kota dan ditunjuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi. Dua tahun kemudian atau pada Oktober 2016, dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat Brigadir Jenderal.


Agustus 2018, mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyematkan pangkat inspektur jenderal untuknya di Mabes Polri. Karirnya semakin meroket karena tak lama kemudian, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri. Sebelum menjadi Kapolri, Listyo juga pernah menjabat sebagai Kepala Bareskrim Polri sejak Desember 2019.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Usai Cuit Polisi Ganti Satpam BCA, Pria ini Diintimidasi

Ancaman tersebut berupa teror kekerasan hingga peretasan, pasca dirinya menyebut "Polisi se-Indonesia
Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Viral, Aksi “Si Iblis” Preman Kampung Meminta Jatah Bulanan ke Pemilik Kafe

Sebuah video amatir yang memperlihatkan aksi pemalakan yang dilakukan oleh AH alias Si Iblis atau Sibolis viral di media sosial.
Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

Truk Kontainer yang Terguling di Tol Purbaleunyi Sudah Berhasil di Evakuasi

PT Jasamarga melaporkan sebuah truk kontainer sempat terguling di Tol Purbaleunyi ruas Plered KM 91 mengarah ke Jakarta, pada Sabtu (16/10) petang, dan sudah berhasil ditangani pada Minggu dini hari.
Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Polda Jawa Barat Pulangkan 77 Karyawan Pinjol Sleman

Sebanyak 77 orang karyawan perusahaan pinjaman online (pinjol), tiba di Mapolsek Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (16/10/2021) malam.
Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Perhiasan Senilai 2 Miliar, Ronaldo Lamar Kekasihnya?

Cristiano Ronaldo benar-benar berada dalam suasana hati yang baik setelah membuat rekor gol internasional lagi untuk Portugal.
Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor  Pengendara Tergencet

Diduga Ugal-Ugalan, Bus Sugeng Rahayu Tabrak 3 Motor Pengendara Tergencet

Diduga sopir yang ugal-ugalan saat di jalur ramai, Bus Sugeng Rahayu jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak 3 motor dan juga satu bus lain di depannya.
Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kami

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengakui kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo) telah membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka saat melakoni laga semifinal Piala Thomas.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
Saat Ini
Indonesia Plus
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesia
14:00 - 15:00
OnePrix
15:00 - 15:30
Football Vaganza
Selengkapnya