Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya
Demokrat Mulai Retak, Ulah Siapa?

Demokrat Mulai Retak, Ulah Siapa?

Kamis, 4 Februari 2021

Tubuh partai pemenang pemilu presiden tahun 2004 sedang gaduh. Partai Demokrat diketahui tengah melakukan investigasi internal mendalam. Hal tersebut menyusul dugaan adanya gerakan politik yang mengarah pada pengambilalihan posisi Ketua Umum Partai Demokrat secara paksa.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pun mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk mengklarifikasi keterlibatan salah satu menteri dalam jajaran kabinet yang disinyalir terlibat dalam upaya inkonstitusional tersebut.


Dalam keterangan persnya yang digelar Senin (1/2) kemarin, AHY mengumumkan ada pihak yang berencana menggulingkan dirinya dari kursi ketua partai. Caranya yakni dengan mengumpulkan persetujuan dari 360 suara di internal Partai Demokrat agar Konferensi Luar Biasa (KLB) dapat digelar. Para pelaku diduga mencoba menghasut para pemilik suara sah dengan uang yang sangat banyak.


"Menurut kesaksian dan testimoni banyak pihak yang kami dapatkan, gerakan ini melibatkan pejabat penting Pemerintahan yang secara fungsional berada di dalam lingkar kekuasaan terdekat dengan presiden Joko Widodo," ungkap AHY.


AHY menjelaskan tentang gerakan politik yang bertujuan mengambil alih kekuasaan pimpinan Partai Demokrat secara inkonstitusional itu diketahui dari laporan pimpinan dan kader Partai Demokrat baik pusat, daerah, maupun cabang. Gabungan dari pelaku gerakan itu kata dia terdiri dari 5 orang, 1 kader Demokrat aktif, 1 kader tidak aktif, 1 mantan kader yang diberhentikan dengan tidak hormat dari partai karena menjalani hukuman akibat korupsi, 1 mantan kader yang telah keluar partai, serta satu pejabat tinggi Pemerintahan.


"Dalam komunikasi mereka, pengambilalihan posisi Ketum PD, akan dijadikan jalan atau kendaraan bagi yang bersangkutan, sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024," sambung AHY.


Secara terpisah, politisi senior Partai Demokrat Andi Arief membeberkan siapa gerangan tokoh Pemerintah yang dituding ingin menggulingkan AHY. Dalam cuitannya di Twitter, ia secara blak-blakan menyebut Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko sebagai biangnya. Ia bahkan mengatakan bahwa dalam upayanya mendongkel penerus trah Yudhoyono, purnawirawan jenderal tersebut mendapat restu dari Presiden Joko Widodo.


Moeldoko pun membantah tudingan tersebut. Dalam keterangan pers virtual yang diterima awak media, Moeldoko juga memperingatkan untuk tidak mengusik presiden Jokowi.


"Poin pertama, jangan dikit-dikit Istana. Dalam hal ini saya mengingatkan. Sekali lagi jangan dikit-dikit Istana dan jangan ganggu pak Jokowi, karena beliau dalam hal ini tidak tahu sama sekali, tidak tahu apa-apa dalam isu ini. Jadi itu urusan saya. Moeldoko ini, bukan selaku KSP. Moeldoko," tegas Moeldoko.


Dia mengatakan bahwa beberapa kali banyak tamu yang berdatangan ke kediamannya. Moeldoko mengatakan dirinya sebagai mantan Panglima TNI terbuka kepada siapa pun yang ingin bertemu, tanpa memberikan batas. "Kepada siapa pun, apalagi di rumah ini. Terbuka 24 jam dengan siapa pun. Mereka datang berbondong-bondong, ya kita terima," ucap Moeldoko menjelaskan.


Lantas kira-kira bagaimanakah ujung dari kemelut intrik yang tengah menjerat elit politik negeri ini?

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Dituding Menganiaya Karyawan Restoran Mai Cenggo, Benny K Harman Ungkap Kronologis

Dituding Menganiaya Karyawan Restoran Mai Cenggo, Benny K Harman Ungkap Kronologis

Anggota Komisi III Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman dituding menganiaya karyawan restoran Mai Cenggo di Labuan Bajo, NTT. Video penganiayaannya itu viral
Pembelaan Wasekjen Demokrat saat Benny K Harman Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran

Pembelaan Wasekjen Demokrat saat Benny K Harman Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran

Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon membela anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman yang dituduh menganiaya karyawan restoran Mai Cenggo di Labuan Bajo
Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran, Benny K Harman Akui Dorong Muka

Dituduh Menganiaya Karyawan Restoran, Benny K Harman Akui Dorong Muka

Benny membantah menganiaya karyawan restoran seperti yang dituduhkan, tetapi dia mengakui telah mendorong muka karyawan resto Mai Cenggo, Labuan Bajo, NTT.
Gery Mengaku Dapat Sabu Sejak Bulan Maret Dari Seseorang Inisial P

Gery Mengaku Dapat Sabu Sejak Bulan Maret Dari Seseorang Inisial P

Beberapa hari menjalani pemeriksaan berkala, sejak ditangkap pada Senin 23 Mei lalu, Gery Iskak kembali menjalani pemeriksaan hari ini, Kamis (26/05/22). Gery dan 4 temannya diperiksa di Ditresnarkoba Polda Jabar, ada beberapa kemajuan dalam kasus narkoba yang menjerat artis senior ini.
UMKM Harus Bisa Memanfaatkan Sistem Daring untuk Pasarkan Produknya

UMKM Harus Bisa Memanfaatkan Sistem Daring untuk Pasarkan Produknya

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan sistem daring untuk promosikan dan pasarkan produknya.
NIck Kuipers Berharap Pemain Anyar Persib Bandung Bisa Tingkatkan Kualitas Tim

NIck Kuipers Berharap Pemain Anyar Persib Bandung Bisa Tingkatkan Kualitas Tim

Nick Kuipers bek andalan Persib Bandung menaruh harapan besar terhadap pemain anyar yang didatangkan timnya untuk menyongsong Liga 1 Indonesia musim 2022/23.
Profil Idayati, Adik Jokowi yang Menikah di Usia 56 Tahun dengan Ketua MK

Profil Idayati, Adik Jokowi yang Menikah di Usia 56 Tahun dengan Ketua MK

Sebelumnya Idayati mempunyai suami bernama Hari Mulyono. Namun suaminya meninggal dunia akibat stroke pada 2018 lalu dan menghembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
03:00 - 03:30
Kabar Utama
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
Selengkapnya