Tutup Menu
LIVESTREAM
Lagi, Penistaan Agama Oleh Youtuber

Lagi, Penistaan Agama Oleh Youtuber

Jumat, 27 Agustus 2021

Memiliki akses yang luas terhadap konten pengetahuan di internet ternyata bukan jaminan seseorang menjadi pandai dan bijaksana. Muhammad Kace, salah satu konten kreator di platform YouTube kini menjadi tersangka atas kasus penistaan agama.

Video-videonya yang bisa diakses jutaan orang menjadi bukti atas tutur kata dan kelakuannya tersebut. Akibatnya, ia ditangkap pihak kepolisian dari Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri di Bali dan menjalani pemeriksaan di Jakarta.

“Sudah menjadi tersangka,” ungkap Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Rabu (25/8).

Muhammad Kace menjadi viral di media sosial setelah ia mengunggah konten yang mengandung unsur penistaan terhadap agama Islam dengan mencampuradukkan syariat Islam dengan agama lain. Tak hanya dalam ucapan salam, ia juga mengubah beberapa kalimat dalam ajaran Islam yang menyebut nama Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Kace juga mengatakan Muhammad bin Abdullah dikelilingi setan dan pendusta. Pernyataannya ini dinilai oleh banyak pihak mengandung unsur penistaan agama.

Bareskrim Polri lalu menerima laporan masyarakat pada Sabtu (21/8), dengan nomor register Laporan Polisi No.500/VII/SPKT/Bareskrim Polri. Selain di Bareskrim, Polri juga menerima tiga laporan terkait kasus serupa di Ditreskrimsus Polda Jatim atas dugaan pelecehan agama Islam dan kitab kuning yang tengah dipelajari oleh para santri.

Picu Keresahan Tokoh dan Organisasi Islam

Pernyataan M. Kace dalam unggahan di media sosial dinilai oleh pelapor sangat melecehkan Islam dan para santri. Dalam unggahan terakhirnya, selain mempermainkan salam umat Islam, Kace juga menganggap kitab kuning sebagai sumber kesesatan.

KH. Abdullah Gymnastiar, pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid, merasa prihatin dengan peristiwa yang tengah viral ini. Keprihatinan Aa Gym terkait kata-kata Muhammad Kace, yang dinilai melecehkan Nabi Muhammad dan menistakan agama Islam.

“Sungguh prihatin dengan ada kejadian ini, dan mudah-mudahan akan segera selesai dengan adil.”Jelas Aa Gym.

Aa Gym menilai, membina kerukunan umat beragama kini menjadi sangat penting, terutama di tengah menjamurnya platform media sosial. Hal ini, sambungnya, bukan untuk kepentingan umat Islam saja tapi agar kebersamaan dan persatuan tidak rusak oleh pihak-pihak yang bersikap tak pantas.

Senada dengan hal tersebut, KH Cholil Nafis menyebutkan, apa yang dilakukan Muhammad Kace telah mengusik rasa keimanan dan keagamaan umat muslim. Untuk itu ia mendorong kepolisian untuk tegas dalam menyikapi kasus ini.

"Kami mendukung untuk segera diproses hukum dan kami mengecam terhadap apa yang dilakukan oleh M. Kace karena realitanya di masyarakat orang merasa tersinggung dan dilecehkan. Sebagian pimpinan NU sudah berkoordinasi dengan kepolisian," ungkap Ketua Bidang Dakwah MUI ini dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi, Senin (23/8) lalu.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Trending
Dirtipidum: Napoleon pukuli dan lumuri Kece dengan kotoran manusia

Dirtipidum: Napoleon pukuli dan lumuri Kece dengan kotoran manusia

Hasil pemeriksaan perkara penganiayaan yang dialami M Kece di Rutan Bareskrim Polri terungkap bahwa Irjen Pol Napoleon Bonaparte telah memukuli dan melumuri Kece dengan kotoran manusia.
Ini Lho! Penampakan M Kece Sesaat Setelah Dihajar Irjen Pol Napoleon di Rutan

Ini Lho! Penampakan M Kece Sesaat Setelah Dihajar Irjen Pol Napoleon di Rutan

Tersangka penistaan agama Muhammad Kece menjadi korban penganiayaan Irjen Pol Napoleondi Rutan Mabes Polri. Napoleon pun siap mempertanggungjawabkan semua tindakannya terhadap M Kece.
Diduga Supir Mengantuk, Sebuah Minibus Tabrak Truk;

Diduga Supir Mengantuk, Sebuah Minibus Tabrak Truk; "Dua meninggal di lokasi kejadian."

Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalur Pantura Indramayu tepatnya di Desa Santing, Kecamatan Losarang, Minggu malam (19/9). Akibat insiden tersebut 2 orang meninggal di lokasi kejadian satu di antaranya ibu hamil tujuh bulan. Semuanya, warga Kuningan, Jawa Barat.
Polisi Sudah Periksa Enam Saksi Kasus Penganiayaan M Kece

Polisi Sudah Periksa Enam Saksi Kasus Penganiayaan M Kece

Dirtipidum Brigjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan jumlah saksi yang telah diperiksa dalam kasus penganiayaan Muhammad Kece bertambah tiga orang sehingga menjadi enam orang.
Korban Perkelahian di Atas Kapal yang Jatuh Ke Laut Ditemukan Meninggal Dunia 

Korban Perkelahian di Atas Kapal yang Jatuh Ke Laut Ditemukan Meninggal Dunia 

Setelah tiga hari pencarian, korban perkelahian diatas Kapal Devina 2 atas nama Hamzah akhirnya ditemukan di Perairan Tanjung Pasir Bulungan, Kalimantan Utara.
Klasemen Liga Italia: Inter Milan di puncak setelah pesaing 'terpeleset'

Klasemen Liga Italia: Inter Milan di puncak setelah pesaing 'terpeleset'

Inter Milan menduduki puncak klasemen Liga Italia setelah para pesaingnya terpeleset dalam rangkaian laga pekan keempat hingga Senin dini hari WIB.
Gubernur DKI Anies Baswedan: Dunia Tercengang Melihat Indonesia Kendalikan Pandemi Covid-19

Gubernur DKI Anies Baswedan: Dunia Tercengang Melihat Indonesia Kendalikan Pandemi Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut masyarakat dunia saat ini tercengang melihat Indonesia karena mampu melewati masa krisis pengendalian pandemi Covid-19.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Damai Indonesiaku
15:00 - 15:30
Kabar Pasar
15:30 - 16:00
-Ragam Perkara
16:00 - 17:30
Kabar Petang
17:30 - 18:30
Kabar Petang Pilihan
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
Selengkapnya