Ketua KPU, Hasyim Asyari.
Sumber :
  • tim tvone/Julio Trisaputra

PPATK Temukan Ada Aliran Dana Tambang Ilegal di Partai Politik, Begini Tanggapan KPU

Selasa, 14 Februari 2023 - 23:40 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) temukan dugaan aliran dana tambang ke Partia Politik. 

Menyikapi hal itu, Ketua KPU, Hasyim Asyari katakan, PPATK ini adalah lembaga yang punya wewenang untuk memantau menganalisis transaksi keuangan. 

"Kalau ada indikasi-indikasi transaksi yang mencurigakan, itu kemudian disampaikan ke penegak hukum," kata Ketua KPU, Hasyim Asyari. 

Dalam konteks kepemiluan, ia sebutkan, transaksi mencurigakan tentang pemilu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) penegakan hukumnya ke Bawaslu.

"Kemudian ada juga lembaga lainnya. Jadi informasi tersebut disampaikan kepada penegak hukum dan dalam konteks ini yang relevan adalah teman-teman Bawaslu," ujarnya.

Kemudian, ditanya soal satu tahun jelang pemilu, KPU masih dibayangi dugaan kecurangan. Bahkan, tadi juga disebut dalam sidang DKPP, bagaimana tanggapan KPU?

"Saya kira KPU jalan terus dalam menjalankan pemilu, tidak dibayang-banyangi oleh situasi apa-pun. Kita tetap optimis menyelenggarakan Pemilu. Bahwa ada pengaduan, laporan entah ke Bawaslu atau ke DKPP, kita ikuti proses-prosenya," ujarnya. (aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral