Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama.
Sumber :
  • Andri Prasetiyo

Covid-19 Melandai, Sleman Waspadai Gelombang Ketiga

Rabu, 13 Oktober 2021 - 07:58 WIB

Sleman, DIY - Kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Sleman, Yogyakarta mulai melandai. Data Satgas Covid-19 pada hari Selasa (12/10) hanya ada 10 kasus konfirmasi baru dalam satu hari. Namun meski mulai turun, Dinas Kesehatan Sleman meminta masyarakat mewaspadai gelombang ketiga.

Penurunan angka positif Covid-19 juga ditandai dengan berkurangnya pasien di sejumlah rumah sakit rujukan. Tingkat keterisian tempat tidur (BOR) bahkan menurun drastis dibanding pekan lalu.

"Untuk BOR isolasi Covid-19 yang non-kritikal saat ini 10,6 persen, sedangkan BOR untuk ICU Covid-19 terjadi penurunan yang cukup signifikan yaitu sekarang 5,56 persen yang pekan lalu masih di atas 20 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman Cahya Purnama, Selasa.

Cahya menyebut, pasien yang dirawat di RSUP dr. Sardjito tinggal satu orang, sementara di RSA UGM hanya tiga orang.

"Ini memang perlu kita syukuri adanya penurunan BOR untuk ICU Covid-19 artinya masyarakat yang terdampak dan kritis di rumah sakit rujukan Covid-19 sudah menurun," jelasnya.

Selain rumah sakit, sejumlah shelter isolasi terpadu di Kabupaten Sleman juga sudah tanpa penghuni. Cahya mengklaim, shelter Asrama Haji hanya tinggal satu orang, sementara shelter lainnya telah kosong.

"Shelter juga demikian saat ini sudah turun banyak hanya ada satu di Asrama Haji, yang (shelter) Gemawang tidak ada, di UII juga tidak ada, di Unisa sudah ditutup per 9 Oktober kemarin," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral