Suasana antrian anak bersama orang tuanya di poli anak RSU dr Sutomo..
Sumber :
  • tvOnenews/Sandi Irwanto

Marak Anak Menderita Diabetes, Ini Gejalanya

Kamis, 16 Februari 2023 - 13:21 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Peningkatan kasus diabetes melitus pada anak patut diwaspadai oleh semua pihak. Di Indonesia, anak penderita diabetes melitus mencapai 1.645 pasien dan tersebar di 13 kota. Dimana peningkatannya hingga 70 kali lipat dalam setahun. Di Kota Surabaya sendiri ada sebanyak 184 anak yang terkena penyakit diabetes melitus selama tahun 2022.

“Angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni 176 anak. Sedangkan data per Januari 2023, Dinas Kesehatan Kota Surabaya mencatat sudah ada empat kasus diabetes pada anak-anak," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Nanik Sukrisna, mengatakan bahwa munculnya ratusan kasus diabetes melitus  pada anak ini, diantaranya karena peningkatan skrining kesehatan pada anak-anak di Kota Pahlawan ini.

"Kami berharap dengan peningkatan skrining, masyarakat lebih peduli terhadap kesehatannya, sehingga kasus diabetes pada anak dapat lebih cepat terdeteksi," ucap Nanik Sukristina.

Diabetes melitus pada anak, jelas Nanik, disebabkan pola makan yang tidak sehat, malas beraktivitas, hingga faktor genetik atau penyakit bawaan dari lahir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
02:46
01:38
03:09
10:13
04:52
Viral