DPR Beberkan Fungsi Adanya Kodam di Tiap Provinsi Indonesia.
Sumber :
  • tim tvone

Ditanya soal Pendirian Kodam di Setiap Provinsi, DPR Beberkan Fungsinya

Rabu, 22 Februari 2023 - 18:57 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Akhir-akhir ini isu soal pendirian markas Komando Distrik (Kodam) di tiap provinsi di Indonesia mencuat di media massa. Bahkan, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sedang mematangkan rencana soal itu. 

Menyikapi perencanaan itu, Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai NasDem, Muhammad Farhan katakan, dirinya sangat menyetujui perencanaan itu. 

"Karena saat ini, jumlah Kodam hanya 15. Sedangkan, jika ingin memenuhi pertahanan teritorial wilayah, harusnya minimal sesuai jumlah provinsi," kata Muhammad Farhan.

Kemudian, disinggung soal urgensi dari pembentukan Kodam di tiap provinsi Indonesia ini? dia katakan, span of control untuk menjalankan fungsi TNI ke dalam.

Yakni, menjaga keutuhan wilayah dan integritas kebangsaan, perlu dipersempit dengan menambah banyak KODAM. Fungsinya adalah pendekatan teritorial," jelas Anggota Komisi I Fraksi Partai NasDem.

Bahkan dirinya percaya TNI AD akan profesional dan komitmen pada Reformasi. Baik dalam menjaga wilayah kedaulatan RI dari ancaman luar sebagaimana dengan bentuk tugasnya TNI AU dan TNI AL

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral