Dicurhati Seniman Tradisional Sepi Manggung, Gus Muhaimin Gercep Telpon Bupati Sidoarjo.
Sumber :
  • Istimewa

Dicurhati Seniman Tradisional Sepi Manggung, Gus Muhaimin Langsung Telepon Bupati Sidoarjo

Kamis, 23 Februari 2023 - 02:09 WIB

Madiun, tvOnenews.com - Para seniman Madiun ditemui Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Islandar, Rabu (22/2/2023). Hal itu sengaja dilakukan Muhaimin atau yang akrab disapa Gus Muhaimin. 

Tujuannya, tak lain mendengarkan aspirasi dan keluhan para pekerja seni tradisional yang dinilai semakin kurang diminati masyarakat.

"Saya memahami apa yang dialami para Seniman ini, di mana masyarakat sudah mulai kurang berminat terhadap seni tradisional," kata Gus Muhaimin, kepada wartawan, di Madiun.

Menurutnya, perkembangan teknologi dan industri hiburan secara perlahan menggeser kegemaran masyarakat yang lebih senang menikmati seni-seni modern. 

"Industri hiburan sudah sangat jauh berkembangan bersamaan dengan perkembangan teknologi dan zaman, semakin banyak pilihan seni yang menjadi hiburan masyarakat saat ini semakin meninggalkan seni-seni tradisional kita," katanya.

Hal itu diamini oleh salah satu Seniman tradisional, Cak Tawar. Dia katakan, minimnya minat masyarakat terhadap pentas ludruk membuat para Seniman tersebut sulit memiliki pendapatan. 

"Sekarang ini orang makin jarang nanggap (mengundang) ludruk, imbasnya kami mengalami penurunan pendapatan karena jarang manggung (main ludruk)," keluh Cak Tawar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:06
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
Viral