Nelayan marak menggunakan pukat harimau di perairan Bagan Siapi-api..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Arifin

Marak Pukat Harimau, Dua Kapal Polairud Jaga Ketat Perairan Bagan Siapi-api

Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:54 WIB

Rokan Hilir, Riau - Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengirim dua unit kapal bantuan Polairud dari Dumai dan Pekanbaru untuk menangani maraknya pukat harimau yang beroperasi di perairan Bagan Siapi-api.

Langkah tersebut diambil menanggapi keluhan para nelayan terkait konflik di perairan tersebut yang disampaikan dalam diskusi interaktif masyarakat Rohil bersama Kapolda Riau yang didampingi Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto, dan Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Kamis (14/10).

“Kami di sini mengalami kesulitan Bapak Kapolda, terutama terkait nelayan dari luar wilayah Bagan Siapi-api yang datang menggunakan alat-alat yang dilarang, seperti pukat harimau mini yang bisa merusak ekosistem perairan di sini, ujung-ujungnya kami kesulitan mendapatkan ikan. Belum lagi kapal-kapal besar dan canggih dari wilayah Malaysia,” kata salah satu nelayan kepada Kapolda Riau.

Mendengar keluhan tersebut, Kapolda Riau langsung menginformasikan bahwa pihaknya mengerahkan dua kapal Polairud untuk membantu Satpolairud Rohil dalam pengamanan di perairan Bagan Siapi-api.

“Masyarakat ini terkendala dengan masih banyaknya kapal-kapal yang dari luar dan kemudian melakukan penangkapan dengan menggunakan jaring yang tidak sesuai. Untuk itu menjadi perhatian kita, untuk kita selesaikan bersama KKP dan stakeholder yang lain. Dan hari ini kita menggeser dua kapal dari Dumai dan Pekanbaru untuk kita BKO-kan ke Bagan Siapi-api agar supaya persoalan ini selesai,” tegas Irjen Agung.

Agung berharap, dengan pengerahan dua kapal itu, pengawasan di wilayah perairan Bagan Siapi-api dapat dilaksanakan lebih maksimal, juga menjaga para nelayan dapat mencari ikan dengan rasa aman dan nyaman. Muhammad arifin/ Na/Ner

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral