Foto udara permukiman penduduk yang hangus terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023).
Sumber :
  • (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Pemindahan Depo Pertamina vs Relokasi Warga, Ini Alasannya

Selasa, 7 Maret 2023 - 05:05 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Pemindahan Depo Pertamina Plumpang merupakan opsi yang tepat untuk mencegah tragedi kebakaran berulang di kemudian hari. Selain tepat, pemindahan Depo juga menjadi langkah yang cepat untuk dilakukan.

"Opsi pemindahan Depo Pertamina Plumpang merupakan opsi yang tepat dan cepat, dengan beberapa alasan. Pertama, penyulut kebakaran berawal dari Depo Pertamina Plumpang, bukan rumah penduduk," kata Pengamat ekonomi energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi, dalam keterangannya di Yogyakarta, Senin (6/3/2023).

Menurut Fahmy, pimindahan Depo Pertamina Plumpang dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan merelokasi rumah warga di kawasan itu yang membutuhkan waktu dan perangkat relokasi yang lebih rumit dengan melibatkan banyak pihak.

"Pemindahan Depo Pertamina dapat diputuskan secara cepat oleh direksi Pertamina, Sedangkan keputusan relokasi kawasan penduduk lebih lama karena melibatkan beberapa pihak yakni Pertamina, Pemda DKI, dan warga," kata dia.

Jarak lokasi Depo Pertamina Plumpang yang sangat dekat dengan pemukiman penduduk, menurutnya sungguh tidak layak. Apalagi pemukiman tersebut berada di tengah kawasan padat penduduk serta tidak tersedia "buffer water" cukup yang dibutuhkan untuk proses pendinginan pipa.

                   Fahmi Radi, Pengamat Ekonomi Energi UGM

 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral