Dua Kuburan Cina di Bongkar Maling.
Sumber :
  • Dewi Rina

Dua Kuburan Cina di Gasak Maling

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 20:38 WIB

Bojonegoro - Ada - ada saja kelakuan pencuri di Desa Wotanngare, kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur. Tidak hanya rumah yang menjadi sasarannya, namun kuburan cina berumur puluhan tahun pun di bongkar oleh orang tak dikenal.

Dua buah kuburan atau makam warga keturunan Tionghoa yang sudah berumur puluhan tahun, yang berlokasi di kompleks makam Cina (Bong Cina) di Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, diketahui pada Kamis malam (14/10), dijarah atau digali oleh orang tidak dikenal.

Belum diketahui secara pasti motif penggalian makam tersebut, namun diduga pelaku ingin mengambil harta karun atau barang-barang berharga yang diduga berada di dalam makam tersebut.

Lokasi makam yang dibongkar tersebut berada di area pesawahan yang jauh dari jalan umum atau pemukiman warga dan jarang dilewati orang, kecuali para petani yang memiliki sawah di sekitar makam tersebut, sehingga diduga saat melakukan aksinya, pelaku tidak diketahui orang.

Di lokasi kuburan (Bong Cina) tersebut, setidaknya ada lebih dari 20 makam warga keurunan Tionghoa, yang menurut warga setempat makam tersebut telah ada lebih dari 50 tahun lalu.

Salah satu makam yang berhasil digali tersebut merupakan makam perempuan bernama Tan Sam Liak (Go Giang Nio) yang meninggal pada 8 Agustus 1969 di usia 85 tahun. Sementara satu makam lainnya yang juga telah digali, tidak diketahui identitasnya.

Rasmadi, Salah satu petani yang memiliki sawah tak jauh dari makam tersebut mengungkapkan bahwa dirinya mengetahui kedua makam tersebut telah digali atau dibongkar pada Jumat (16/10) pagi, saat hendak ke sawah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:25
02:55
01:16
04:03
01:20
01:19
Viral