Wisatawan berpose di dekat area persawahan sambil kelling desa pakai mobil antik.
Sumber :
  • Ari Wibowo

Asyik!! Wisata Keliling Desa dengan Mobil Antik

Minggu, 17 Oktober 2021 - 11:16 WIB

Kulonprogo,DIY - Kecintaan dengan mobil tua antik tidak hanya menjadikannya sebagai kolektor saja. Namun melalui mobil antik ini warga desa Tanjung Harjo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo mempopulerkan desanya sebagai desa wisata. 

Berawal dari hobinya mengoleksi mobil antik, Suranto (45) warga desa Tanjung Harjo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, DIY mencetuskan ide wisata keliling desa dengan mobil antik jenis VW Safari. Wisata ini memperkenalkan potensi yang ada di desanya. 

Bermodalkan 10 mobil antik tuanya, Suranto memberikan beberapa trip paket wisata, umumnya sejauh 7 kilometer yang memakan waktu 2 hingga 2,5 jam. Jalur yang dilewati tidak biasa mulai dari jalan setapak, tengah sawah dan juga jalanan naik pengunungan. 

" Melihat potensi yang ada desa Tanjung Harjo, dengan keindahan alam dan banyaknya industri rumahan yang sempat mati suri dampak pandemi, saya mencetuskan awal ide wisata keliling desa menggunakan mobil antik ini,” ujar Suranto. 

Wisata keliling desa ini para wisatawan diajak untuk berinteraksi dengan warga lokal, melihat rumah produksi kerajinan tas lokal dari enceng gondok dan rotan. Harapannya banyaknya wisatawan yang datang dapat mengangkat perekonomian di daerah yang sempat mati suri akibat dampak  pandemi covid -19.

"Selain bisa mempopulerkan desa sekaligus bisa meningkatkan pelaku usaha yang mayoritas membuat kerajinan tas yang berbahan enceng gondok dan rotan. Dengan adanya wisata yang naik kami antar ke lokasi tersebut.” sambung Suranto. 

Paket wisata naik mobil antik keliling desa dibanderol seharga 250 ribu hingga 350 ribu per mobil yang dapat ditumpangi  4 wisatawan. Tak hanya di ajak keliling desa dan melihat kerajinan saja namun wisatawan juga diperkenalkan potensi budaya dan keramahan warga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral