Layanan ICIR Eka Hospital jadi destinasi pengobatan kemoterapi kanker darah.
Sumber :
  • Istimewa

Layanan ICIR Eka Hospital Jadi Destinasi Pengobatan Kemoterapi Kanker Darah

Jumat, 10 Maret 2023 - 14:08 WIB

Tangerang Selatan, tvOnenews.com - Eka Hospital hadirkan Immunocompromised Isolation Room (ICIR) untuk memastikan keamanan pasien kanker darah (leukimia) yang sedang dalam kemoterapi untuk pengobatan agresif.

ICIR merupakan ruangan isolasi steril bertekanan positif yang dirancang khusus untuk proses pengobatan kemoterapi pada pasien kanker darah sehingga menghindari risiko infeksi dari virus, bakteri dan jamur.

Penggunaan ruangan ICIR dapat membantu pasien terhindar dari risiko terkena infeksi penyakit lain disaat tubuh sedang rentan setelah proses kemoterapi.

Chief Operating Officer (COO) Eka Hospital Group drg. Rina Setiawati menjelaskan bahwa ruangan ICIR ini menjadi salah satu layanan yang dibutuhkan ketika seseorang sedang mengalami pengobatan kanker darah.

Ruang ICIR tak hanya bagi pasien yang melakukan kemoterapi saja, tapi bisa digunakan untuk ruang transplantasi.

“Perbedaannya dengan ruang isolasi pada umumnya adalah ini merupakan ruangan untuk imunitas menurun bagi pasien yang melakukan kemoterapi. Jadi ruangannya khusus dan benar-benar steril,” ujar drg. Rina.

Chairman Eka Tjipta Widjaja Cancer Center (ETWCC) Dr. dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk., M.Epid., MARS juga menjelaskan dalam press conference bahwa sebagai pusat layanan kanker, kedepannya ETWCC akan terus menggunakan teknologi modern dan canggih serta alat-alat yang komprehensif dalam prosedur penanganan kesembuhan pasien kanker dimulai dari pendeteksian awal seperti pemeriksaan Patologi Anatomi (PA) dengan hasil same day yang akan mempercepat diagnosis kanker.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:01
19:40
00:44
02:52
08:59
Viral