Upacara penutupan patroli terkoordinasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) di, Lubok Antu Sarawak Malaysia, Sabtu (11/3/2023)..
Sumber :
  • ANTARA

Patroli TNI dan Malaysia di Perbatasan Resmi Ditutup

Minggu, 12 Maret 2023 - 10:32 WIB

Kapuas Hulu, tvOnenews.com - Patroli gabungan TNI Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Tdk Bogani bersama Tentara Diraja Malaysia di Lubok Antu (Malaysia) dan Kapuas Hulu Kalimantan Barat (Indonesia) yang dilaksanakan di perbatasan sejak 2 hingga 11 Maret 2023 resmi ditutup.

"Patroli terkoordinasi itu wujud hubungan baik persahabatan TNI dan TDM dalam menjaga perbatasan darat kedua negara," kata Komandan Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Tdk Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, dihubungi di Badau, Minggu (12/3/2023).

Disampaikan Edi, selama pelaksanaan patroli gabungan itu sasarannya seperti pengecekan patok batas, kemudian antisipasi tindak kejahatan penyelundupan dan kegiatan ilegal di sepanjang garis perbatasan kedua negara.

Menurutnya, dalam menjaga perbatasan perlu adanya sinergitas angkatan militer kedua negara dan hal tersebut sudah terjalin dengan baik, bahkan ada pos gabungan TNI dan TDM di perbatasan.

"Berbagai kegiatan kami laksanakan bersama-sama baik patroli patok batas, kegiatan olahraga maupun kegiatan sosial di masyarakat," katanya.

Ditempatkan terpisah, Kepala Staf Korem 121/Abw Kolonel Inf Soelistyo Bawono mengatakan kegiatan Patroli Terkoordinasi Seri I Tahun 2023 merupakan salah satu bentuk kegiatan dari kedua negara yang telah disepakati untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan atau provokasi dari kedua belah pihak.

Dia menyebutkan kegiatan patroli tersebut dilaksanakan di tiga tempat yaitu di Pos Perumbang, Pos Mentari (Indonesia) dan Pos Lubok Antu (Malaysia).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral