Serikat petani sambut baik panen raya padi.
Sumber :
  • Antara/Hery Sidik

Serikat Petani Sambut Baik Panen Raya Padi

Selasa, 14 Maret 2023 - 11:31 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih menyambut baik panen raya padi satu juta hektare bulan ini yang dirayakan para petani di berbagai daerah di Indonesia.

Dia menilai panen tahun ini cukup bagus karena beberapa sentra padi mengalami kenaikan produktivitas.

"SPI menyambut baik panen raya satu juta hektare tahun ini. Artinya beras kita akan dalam posisi aman atau berkecukupan. Tentu saya kira tidak cukup hanya sampai disini karena ke depan produktivitasnya perlu ditingkatkan lagi," ujar Henry, Senin (13/3/2023).

Di sisi lain, Henry meminta agar pemerintah menambah porsi anggaran pupuk organik sebagai alternatif atas langkanya pupuk kimia. Terlebih harga pupuk kimia terlampau mahal akibat berbagai hal.

Salah satunya akibat kenaikan BBM tahun lalu dan perang Rusia-Ukraina yang berdampak langsung pada tingginya harga pupuk.

"Menurut kita perlu diperhatikan secara keseluruhan masalah pupuk ini. Karena akibat langkanya pupuk di beberapa tempat sangat berdampak dan mempengaruhi pola produksi. Saya kira ini perlu diperhatikan. Saya kira kalau masalah ini diperhatikan bisa memantik semangat petani kita untuk menanam lebih giat lagi," katanya.

Selain itu, Henry menambahkan perlunya penegasan pemerintah mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral