Anggota Hisab Rukyat Kementerian Agama, Asadurrahman, Seminar Posisi Hilal, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (22/3/2023)..
Sumber :
  • Istimewa

Anggota Hisab Rukyat Kemenag Prediksi Malam Ini Sudah Dapat Melaksanakan Sholat Tarawih

Rabu, 22 Maret 2023 - 18:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anggota Hisab Rukyat Kementerian Agama, Asadurrahman mengatakan selepas maghrib akan diumumkan hasil sidang isbat Ramadhan 1444 Hijriah

Namun keputusan mulainya bulan suci Ramadhan bisa diawali malam ini atau esok hari. Tetapi ia prediksi malam ini sudah dapat melaksanakan sholat tarawih.

“Sesaat selepas maghrib untuk menetapkan awal Ramadhan 1444 Hijriah, awal Ramadhannya bisa malam ini dan juga bisa besok malam,” tuturnya, saat Seminar Posisi Hilal, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (22/3/2023).

Namun, Hakim Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara ini berharap Ramadhan dapat ditetapkan pada malam ini, agar masyarakat dapat bersiap-siap menjalani salat tarawih.

Dia pun menjelaskan jika melihat posisi hilal saat ini, sudah memenuhi kriteria untuk berlangsungnya Ramadahan 1444 Hijriah. Sebab ketinggian hilal dari ufuk maupun didasarkan pada elongasinya dari wilayah Papua itu hampir 7 sampai wilayah Sumatera bagian paling barat mencapai 9.

“Ini sudah memenuhi kriteria ketinggian hilal. Dari segi ketinggian sudah memenuhi kriteria, kemudian dari segi lokasi juga. Elongasi hampir seluruh wilayah di dunia ini akan memulai Ramadhan, salat tarawih pada malam hari ini dan akan melaksanakan ibadah puasa mulai fajar besok,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
05:03
Viral