Kolase Foto Ridwan Kamil dan Muhammad Sabil Fadhila.
Sumber :
  • Istimewa

Eksklusif! Guru "Maneh" Curhat di tvOnenews, Bongkar Makna Perkataannya ke Ridwan Kamil

Kamis, 23 Maret 2023 - 07:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Muhammad Sabil Fadhila, nama seorang guru yang dijuluki 'Guru Maneh.' Di mana julukan itu disematkan ke durinya, lantaran Sabil viral di media sosial.

Hal itu juga karena ia diberhentikan dari yayasan sekolah SMK tempatnya mengajar. Sebagaimana diketahui pemberhentian itu bukan tanpa sebab.

Namun, karena dia telah berkomentar menggunakan diksi 'maneh' di kolom komentar Instagram milik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Meskipun kajadian itu sudah berangsur sepekan lalu, tetapi Muhammad Sabil Fadhila masih menjadi perbincangan publik. Terutama, menjadi perbincangan sebagian rakyat di Provinsi Jawa Barat, tepat tempatnya Kang Emil menjadi orang nomer satu.

Lantas, bagaimana nasib Guru Maneh itu? dan apa sebenarnya yang terjadi, bahkan apa sebenarnya maksud dan tujuan serta arti yang diungkapkan Muhammad Sabil Fadhila di kolom komentar Instagram Ridwan Kamil?

Melalui wawancara eksklusif tim tvOnenews, Muhammad Sabil Fadhila pun menceritakan semuanya tentang dirinya diberhentian dan juga menjelaskan maksud serta makna diksi 'Maneh.'

"Assalamualaikum kumaha maneh damang? (assalamualaikum, apa kabar?) maaf atuh, aku itu pakai maneh, sopan nggak ya?," tanya reporter tvOnenews saat memulai wawancara ekslusif ke Muhammad Sabil. 

"Sopan sih, itu kan (Maneh) kata keakraban. Itu (maneh) kata ganti 'kamu' middle ya, untuk keakraban," ujar Muhammad Sabil kepada reporter tvOnenews.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral