Kisah Masuknya Islam di Tanah Lombok, Majapahit Terlibat dalam Penyebarannya.
Sumber :
  • tim tvone

Kisah Masuknya Islam di Tanah Lombok, Majapahit Terlibat dalam Penyebarannya

Minggu, 26 Maret 2023 - 17:10 WIB

Lombok, tvOnenews.com - Kisah masuknya agama Islam di tanah Lombok, tak terlepas dari Kerajaan Majapahit. Bahkan kerejaan Majapahit terlibat dalam penyebaran agama Islam di Lombok. 

Namun sebelum masuknya agama Islam di bumi Seleparang, masyarakat Lombok masih menganut kepercayaan anamisme dan dinamisme serta agama Hindu.

"Masuknya Islam ke Lombok itu berdasarkan catatan sejarah di sini. Memang ada beberapa tahapan periode, pendadaran awal, pendadaran dua dan ada pemantapan satu dan dua," ujar Kepala Adat, Jalaludin Azkal kepada tvOne, Minggu (26/3/2023).

Di dalam pendadaran awal, di mana dimulai pada abad ke-13, agama Islam datang pertama kali ke Lombok dari Majapahit. Dibawa orang-orang Majapahit yang baru saja menerima Islam dan baru melakukan pengakuan terhadap agama Islam dar orang-orang Demak.

"Nah, ini lah yang masuk menjadi komunitas orang Sasak Sembalun sekarang. Melahirkan di sana, Islam yang disebut orang islam yang baru berislam dan belum menjalankan syariat agama Islam," ujarnya. 

Kemudian, dia ceritakan, bahwa masa periode pertama itu cukup lama, sampai 200 tahun. Kemudian, orang Sasak menerima pemantapan kedua yang dibawa oleh Sunan Perapen dari Jawa Timur. 

"Ini yang membawa Islam yang melahirkan komunitas Sasak Islam disebut, tau telu gamma telu, yang berdasarkan termonologi terakhir dari Belanda yakni Islam al-khudlu," ucapnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral