Air Laut Tercemar Limbah Kapak.
Sumber :
  • Yohannes

Air Laut di Pelabuhan Wae Wole Diduga Tercemar Limbah Kapal

Kamis, 21 Oktober 2021 - 01:47 WIB

Manggarai Timur,NTT- Air laut di sekitaran Pelabuhan Wae Wole Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur di laporkan tercemar limbah kapal pengangkut semen yang sedang berlabuh. Hal tersebut diketahui dari video yang beredar.

Di dalam video tampak warga memperlihatkan kondisi air yang pekat dan berbuih. Media setempat bahkan menulis permukaan air laut butek hingga di pinggir pantai.

Kepala Syahbandar Reo Cabang Wae Wole, Husni tampak ragu-ragu menyebut nama kapal yang membuang limbah ke dalam laut. Namun, pihaknya telah mengklarifikasi langsung masalah itu dengan pihak kapal Artha Prima. Kapal yang diberitakan media lokal mencuci limbah minyak dan debu semen saat berlabuh.

 Saat diklarifikasi oleh Husni, pihak Kapal membantah membuang limbah ke dalam laut setelah menurunkan 42.500 sak semen di Wae Wole.

“Bukan membuang minyak limbah, itu hanya pengisian air balas terjadi rembesan bukan dia buang. Bukan sebuah kesalahan juga bapak karena bukan membuang limbah yang ada adalah dari kapal mengisi air balas. Ada mungkin ada yang bocor, agak sedikit mungkin tumpahannya ada, jadi bukan tumpahan minyak,” ujar Husni dihubungi Rabu (20/10).

 Terkait pengisian air balas pada kapal, terang Husni merupakan termasuk hal yang dibolehkan bagi kapal kargo karena bertujuan untuk menjaga berat kapal usai menurunkan muatan sebelum kembali berlayar.

 “Isi air balas itu di setiap kapal bukan satu kapal saja, isi air laut lagi supaya beratnya seimbang untuk keselamatan kapal dan ABK juga,” kata Husni.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral