Pasis Seskoau Angkatan Ke-60 TP 2023 menyelenggarakan Seminar Awal Pendidikan di Grha Widya Dirgantara, Seskoau, Lembang, Bandung Barat, Rabu (29/03/2023)..
Sumber :
  • Istimewa

Seminar Awal Pendidikan, Pasis Seskoau Angkatan Ke-60 Bahas Smart Defense di IKN

Jumat, 31 Maret 2023 - 11:27 WIB

Lembang, tvOnenews.com - Dalam rangka mendapatkan hasil pemikiran dan gagasan yang strategis mengenai smart defense di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Pasis Seskoau Angkatan Ke-60 TP 2023 menyelenggarakan Seminar Awal Pendidikan di Grha Widya Dirgantara, Seskoau, Lembang, Bandung Barat, Rabu (29/03/2023).

Saat membuka seminar, Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., mengatakan bahwa pemindahan ibu kota akan memunculkan paradigma dan konsep baru kesiapan pemerintah sesuai visi Indonesia 2045 yaitu Indonesia Maju yang harus didukung sumber daya nasional, sumber daya manusia, infrastruktur yang tidak hanya menitikberatkan aspek perekonomian, tetapi aspek pertahanan dan keamanan.

"Letak geografis Indonesia berada di kawasan Indo-Pasifik yang mempertemukan kekuatan besar dunia, sehingga memunculkan berbagai ancaman, baik militer, nir militer, dan hibrida yang diprediksi akan mengancam kepentingan nasional Indonesia di masa mendatang," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, pembangunan pertahanan di wilayah IKN harus berpedoman pada sistem pertahanan semesta dalam rangka menciptakan smart defense yaitu kolaborasi antara hard defense dan soft defense secara terpadu.

Mengangkat tema "Implementasi Smart Defense Dalam Mendukung Pertahanan dan Keamanan Di Wilayah IKN", Danseskoau merasa sangat tepat dan faktual untuk menjadi kajian akademis, karena Seskoau sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI Angkatan Udara juga ingin mengambil bagian dengan memberikan masukan terhadap IKN dari aspek pertahanan dan keamanan.

"Manfaatkan forum akademis ini untuk mengembangkan wawasan pengetahuan Pasis dalam mengimplemetasikan konsep smart defense dalam menghadapi potensi ancama di wilayah IKN," kata Danseskoau.

Sementara itu, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., selaku keynote speaker menyambut baik penyelenggaraan seminar sebagai brainstorming dan pengumpulan data tentang smart defense di wilayah IKN guna menjaga kedaulatan NKRI. Dikatakan bahwa pembangunan kekuatan pertahanan adalah hal yang mutlak, karena pertahanan yang kuat merupakan syarat utama keberlangsungan pembangunan di segala bidang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral