Petani Tanaman Hias di Batu.
Sumber :
  • Edy Cahyono

Tanaman Hias dari Batu Tembus Pasar Ekspor, Penjual Kewalahan Banyaknya Permintaan

Jumat, 22 Oktober 2021 - 08:49 WIB

Batu, Jawa Timur - Petani tanaman hias yang ada di Kota Batu, Jawa Timur kewalahan layani banyaknya permintaan luar negeri yang mencapai 2.000 pohon setiap bulannya. Hal ini disampaikan oleh Ketua Jaringan Petani Nasional (JPN) Kota Batu, Juni Purnomo.

Menurutnya, beberapa jenis tanaman hias yang diminati antara lain Philodendron yang diminati negara Belanda dan Rusia, lalu anthurium kuping gajah untuk Amerika, Agave titanota negara Jepang, dan Rusia yang meminati Sanseviera trifasciata.

"Harganya bervariasi,satu batang bibit tanaman hias dari mulai 100 ribu-1 juta, harga tersebut tergantung jenisnya," jelas Juni,Jumat (22/10/2021).

Padahal pembeli yang berada di luar negeri memiliki kemampuan untuk membayar bila ketersediaan stok bisa terpenuhi. Kendala yang dirasakan yaitu petani di sini masih mengandalkan metode perbanyakan secara manual.

Berbeda dengan petani yang ada di Thailand atau Filipina yang mampu melakukan perbanyakan secara kultur jaringan. 

"Itu bedanya, padahal di luar permintaan sangat banyak. Kita hanya bisa memperbanyak dengan cara manual jadi harus sabar menunggu. Kalau kultur jaringan perbanyakan bisa langsung ratusan bahkan ribuan," terang Juni.

Kendala itu membuat para petani atau pemulia tanaman hias tidak mampu mendukung percepatan ekspor karena stok tidak mencukupi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral