Tim peneliti FTI UII menunjukkan alat pemantau gas medik rumah sakit yang terhubung ke internet, (22/10/2021)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Keren! Tim Peneliti FTI UII Yogyakarta Ciptakan Alarm Gas Medik Rumah Sakit

Jumat, 22 Oktober 2021 - 10:13 WIB

Sleman, DIY - Gas oksigen menjadi kebutuhan pokok bagi pasien Covid-19 terutama yang bergejala berat. Banyaknya pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen, tak jarang membuat rumah sakit kewalahan.

Dibutuhkan petugas yang harus bersiaga 24 jam untuk menjaga ketersediaan gas oksigen di ruang monitoring. Lengah pengawasan sedikit saja, akibatnya bisa fatal karena nyawa pasien bisa terancam jika oksigen di rumah sakit tiba-tiba habis.

Berangkat dari kekhawatiran itu, tim peneliti dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) mengembangkan alat monitoring gas medis bernama Alarm Gas Medis Digital (Algist). Alat ini bersifat portabel dan terhubung dengan internet, sehingga memudahkan pihak rumah sakit memonitor gas dari manapun.

Ketua tim pengembangan Algist, Firdaus mengatakan, cara kerja alat ini sangat mudah. Alat seukuran laptop ini cukup dipasang di ruang penyimpanan gas di rumah sakit, lalu dihubungkan ke internet.

Orang yang ingin melihat seberapa persediaan oksigen maupun tekanan gas, cukup mengaksesnya lewat komputer, laptop atau ponsel.

"Caranya nanti pertama bisa dipantau lewat laptop atau PC karena ini terhubung ke internet, jadi yang punya akun bisa melihat melalui komputer atau bisa juga menggunakan smartphone, nanti ada apps yang bisa diinstal di smartphone sehingga nanti pihak managemen cukup melihat dari smartphone yang mereka miliki. Everywhere everytime bisa terpantau kondisi gasnya," kata Firdaus, Jumat (22/10/2021).

Firdaus menjelaskan, dengan alat ini pihak berwenang di rumah sakit dapat memantau persediaan gas maupun tekanannya dari manapun. Bahkan jika stok gas menipis atau tekanan gas bermasalah, Algist akan memberikan alarm sebagai tanda bahaya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral