Polisi Bantu Penyandang Disabilitas Mengolah Makanan.
Sumber :
  • Agus Wibowo

Kembangkan Potensi, Penyandang Disabilitas Dilatih Berwirausaha

Jumat, 22 Oktober 2021 - 11:28 WIB

Pacitan,Jawa Timur - Puluhan orang penyandang disabilitas mengikuti pelatihan mengolah makanan yang diselenggarakan Ibu-Ibu Bhayangkari Ranting Kepolisian Sektor Kota Pacitan di rumah salah seorang penyandang disabilitas di Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan. Mereka terdiri dari penyandang disabilitas fisik dan penyandang disabilitas sensorik, rungu, wicara, serta tuna netra. 

Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono saat menghadiri pelatihan tersebut menjelaskan, pelatihan bertujuan meningkatkan keterampilan dan pengembangan potensi diri bagi para penyandang disabilitas.

Respon masyarakat juga sangat baik, mereka optimistis penyandang disabilitas bisa mengambil peran yang sama di masyarakat khusunya dalam bidang wirausaha.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan penyandang disabilitas, serta mendorong kemandirian melalui pemasaran produk usaha berbasis digital. Mengasah kemampuan berbisnis di rumah,” terang Wiwit, di sela-sela pelatihan

Sugeng Eni Handayani Ketua Bhayangkari ranting Pacitan selaku motivator menambahkan, pada pelatihan tersebut peserta diajarkan mengenai pengenalan bagaimana mengolah sebuah makanan ringan khas Pacitan. Mulai dari memilih bahan, praktik pengolahan, hingga pengemasan produk. Untuk meningkatkan penjualan, mereka nanti akan diperkenalkan dunia digital. Dengan begitu diharapkan bisa meningkatkan semangat penyandang disabilitas untuk tetap berusaha dan berkarya di era new normal masa pandemi ini.

“Pengembangan potensi diri penyandang disabilitas merupakan salah satu upaya mengakomodir hak penyandang disabilitas agar mampu mengembangkan fungsi sosial di masyarakat,” ungkap Eni Handayani. 

Pelatihan ini sekaligus sebagai representasi dan wujud perhatian untuk selalu mendorong potensi penyandang disabilitas menuju disabilitas yang mandiri, mampu berkarya, dan bermartabat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral